Sukses

5 Macam-macam Search Engine dan Penjelasannya, Tak Cuma Google

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan teknologi berpengaruh juga terhadap pola tingkah laku manusia. Misalnya, jika dulu ketika ingin mencari informasi akan sesuatu, orang kan bertanya pada seseorang yang mungkin mengetahui ataupun ke perpustakaan untuk mendapatkan referensi. Kini aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan satu klik dengan sambungan internet.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan kemajuan internet, orang-orang bisa mendapatkan referensi dengan mudah, yakni cukup mencari di search engine. Cukup mengetik kata yang ingin diketahui dan dengan sekejap akan menemukan banyak informasi. Terlebih kini ada macam-macam Search Engine yang siap digunakan.

Lalu sebenernya apa sih search engine itu? Pada mulanya, Matthew Gray (MIT) mulai mengembangkan “web clawler” pada masa itu, dimana search engine berfungsi untuk menemukan, mengelompokkan dan menyimpan informasi-informasi dalam web (meta-data) agar mudah ditemukan kembali nantinya.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritme kepemilikan dan basis data tertutup.

2 dari 4 halaman

Macam-macam search engine

Jika kamu hanya mengetahui bahwa Google adalah satu-satunya search engine maka kamu salah. Pasalnya, saat ini macam-macam Search Engine kian beragam. Banyak search engine lainnya yang bisa kamu tahu dan kamu coba. Pada ulasan ini, kamu akan mengetahui macam-macam search engine dan penjelasannya yang patut kamu coba.

Macam-macam search engine sangatlah beragam, beberapa search engine memiliki karakteristik masing-masing. Dengan mengetahui macam-macam search engine kamu bisa lebih mendapatkan banyak informasi dan menggunakan berdasarkan fungsinya.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber macam-macam search engine dan penejelasannya yang berguna untuk kamu gunakan kala berselancar di dunia maya, Kamis (17/1/2019).

3 dari 4 halaman

Bukan cuma Google

1. Google ( www.google.com )

Google merupakan search engine yang paling sering digunakan. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia. Google adalah search engine yang paling populer di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs-situs topik – topik, dan masih banyak lagi. Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.

2. DuckDuckGo

Mungkin nama Duck-Duck Go terdengar asing. Namun, search engine ini memiliki sesuatu yang unik. Menariknya dengan mesin pencari DuckDuckGo, Jika kamu ‘bertanya’ soal sejarah atau fakta, hasil carian akan dipaparkan secara pantas menggunakan enjin janaan WoframAlpha.

Perbedaan DuckDuckGo dengan yang lain adalah Zero Click Info yang paling berguna, hampir setiap kali kamu melakukan carian di DuckDuckGo, satu kotak akan terpapar yang memberikan definisi, sejarah atau info berkaitan carian yang ingin kamu tahu. Duck-Duck Go dibangun untuk benar-benar menghormati privasi dari si pengguna. Tim pengembang DuckDuckGo menganggap bahwa fungsi pencarian terbaik bisa diraih tanpa harus melakukan tracking kepada para penggunanya.

3. Bing ( www.bing.com )

Bing merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing memiliki sebuah teknologi baru yang diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

4 dari 4 halaman

Search engine yang kini sedang populer

4. Yahoo! ( www.yahoo.com )

Yahoo! Search merupakan mesin pencari terbesar kedua saat ini setelah Google.Yahoo! Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat.

Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo.Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari.

5. Ask ( www.ask.com )

Ask.com merupakan salah satu macam-macam search engine yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen.

Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan. Oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers.

Nah, diatas adalah 5 macam search engine yang bisa kamu gunakan. Jadi, tidak melulu pakai google. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu!

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

Loading
Artikel Selanjutnya
Syeikh Ammar Bugis, Penyandang Disabilitas Penghafal Alquran dan Ulama
Artikel Selanjutnya
7 Merek Pizza Terbaik di Jakarta