Sukses

Canon Targetkan Jual 500 Unit Printer Kreatif Nail Art dalam Setahun

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal 2019 ini, Canon menyapa konsumen dengan menghadirkan sebuah printer rumahan yang dibekali fitur kreatif, yakni Pixma TS8270.

Ketimbang printer biasa yang hanya dibekali kemampuan cetak, kopi, pindai, dan faks, Pixma TS8270 hadir dengan kemampuan kreatif misalnya untuk mencetak stiker hiasan kuku, stiker magnet kulkas, kertas lipat origami, hingga cetak foto.

Printer ini hadir menyasar generasi milenial yang ingin mengekspresikan diri menjadi lebih kreatif di media sosial, termasuk anak-anak sekolah yang tak hanya mau mencetak tugas-tugasnya.

Canon membanderolnya seharga Rp 4 jutaan dan masuk dalam printer rumahan segmen premium.

Meski begitu, melihat pasar printer di Indonesia yang cukup unik dan beragam, Canon tak muluk-muluk menjual perangkat ini. PT Datascrip selaku distributor resmi Canon, menargetkan perangkat ini bisa terjual sebanyak 500 unit sepanjang 2019.

Diungkapkan oleh Senior Division Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip Monica Aryasetiawan, Canon memang menghadirkan printer ini karena pasar Indonesia yang unik.

"Kami sebenarnya menyediakan, tergantung dari para kaum mudanya mau lebih atau enggak (dalam memakai printer). Untuk TS8270 ini memang tidak menargetkan terlalu banyak, (target) yang punya kemampuan ini sekitar 500 unit karena memang untuk tipe ini dari sisi harga sekitar Rp 4 jutaan, sehingga tidak semuanya akan bisa membeli," kata Monica ditemui usai peluncuran Pixma TS8270 di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

2 dari 3 halaman

Pasar Indonesia Terus Berkembang

Kendati demikian, Monica melihat bahwa pasar di Indonesia terus berkembang. Ia pun membandingkannya dengan penjualan smartphone premium yang dibanderol mahal tapi tetap laku di Indonesia. Makaya, PT Datascrip optimistis printer premium juga akan memiliki tempat di hati konsumen.

"Daya belinya juga cukup baik, kami yakin dengan printer yang harganya sedikit premium juga bisa diakomodir kalangan pengguna," tuturnya.

Saat ditanya tentang target konsumen yang memakai printer ini, Monica menyebut, pada dasarnya Pixma TS8270 merupakan printer biasa, namun Canon membekalinya dengan sejumlah kemampuan yang mendukung penggunanya kreatif mengekspresikan diri.

"Printer ini bisa dipakai di rumah atau di mana pun, namun karena fitur-fiturnya personal, bisa dipakai oleh anak-anak sekolah yang tidak hanya pakai printer untuk cetak tugas, tetapi juga untuk mencetak foto, membuat kreasi origami, dan lain-lain," tutur Monica.

Printer ini juga mengusung kemampuan mencetak stiker hiasan kuku. Dengan begitu, diharapkan fitur ini akan lebih menggairahkan kreativitas kaum muda. Belum lagi, mereka yang suka menghias kuku juga bisa memakai printer ini untuk memajukan bisnisnya.

"Kalau printer biasa untuk mencetak tidak ada unsur kreativitasnya, tapi ternyata dengan kerativitas ini bisa dijadikan sebagai usaha kecil, bisa dijadikan bisnis," kata dia.

3 dari 3 halaman

Tentang Printer Canon Pixma TS8270

Printer Pixma TS8270 dari Canon menyertakan kemampuan kreatif yang tak ada di printer lainnya, yakni mencetak stiker untuk hiasan kuku alias nail art.

Bukan berarti menghilangkan kemampuan utamanya sebagai pencetak dokumen, kemampuan mencetak stiker kuku, stiker magnet, dan hingga foto itu merupakan bekal khusus yang diusung Canon untuk anak-anak muda kreatif yang ingin fungsi lebih dari sebuah printer.

Hal ini, menurut Senior Division Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip Monica Aryasetiawan, tak terlepas dari perkembangan media sosial yang dipakai untuk mengekspresikan diri.

Anak-anak milenial, kata Monica, selalu ingin tampil berbeda dengan yang lain. Tanda likes yang didapat di medsos pun jadi bukti eksistensi diri.

Maka itu, Canon memboyong salah satu inovasi di printernya, yakni mencetak stiker hiasan kuku.

Bicara fitur, Canon Pixma TS8270 juga dilengkapi dengan WiFi, sehingga memudahkan pencetakan foto langsung dari smartphone.

Canon Pixma TS8270 juga hadir dengan kemampuan cetak dokumen yang cepat dan auto duplex (bolak-balik otomatis).

Printer ini juga dilengkapi dengan sebuah slot kartu Micro SD yang membuat kamu bisa mencetak hasil bidikan dari kamera. Agar tak salah pilih file yang hendak dicetak, Pixma TS8270 dilengkapi sebuah LCD layar sentuh berukuran 4,3 inci.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Canon Rilis 3 Lensa Seri RF Anyar untuk Mirrorless Full-Frame EOS R System