Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Spesifikasi dan Harga Samsung Z2 Terupdate, Smartphone Berbasis Tizen

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri lagi jika smartphone saat ini amat sangat dibutuhkan. Dengan adanya smartphone, penggunanya bisa berkomunikasi dengan banyak orang tidak terbatas negara bahkan benua. Harga gawai yang beragam pun memberikan opsi luas bagi calon pembelinya.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, gawai juga dapat digunakan sebagai media hiburan di kala penat. Berbagai perusahaan teknologi berlomba-lomba pun untuk menciptakan gawai yang dapat memuaskan penggunanya. Contohnya saja vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung. Setiap tahun, perusahaan ini membuat terobosan baru dalam hal teknologi.

Salah satu gebrakan besar yang pernah dilakukan oleh Samsung adalah dengan merilis smartphone baru yang tidak mengusung sistem operasi Android. Ponsel tersebut dinamakan Samsung Galaxy Z2.

Berbeda dengan ponsel keluaran Samsung lainnya, Galaxy Z2 ini menggunakan sistem operasi tizen. Selain sistem operasinya, yang menarik dari ponsel ini adalah harga Samsung Z2 dibanderol sangat terjangkau.

2 dari 5 halaman

Sistem Operasi Tizen

Berbeda dengan seri Samsung yang sedang ramai di pasaran yang mengusung tema Galaxy, pada Agustus 2016 Samsung memilih untuk meluncurkan ponsel terbaru mereka dengan seri Z nya. Samsung Z2 ini merupakan ponsel Non-Android karena ponsel ini menggunakan sistem operasi buatan Samsung sendiri yang diberi nama Tizen.

Sistem operasi Tizen sebelumnya telah diterapkan pada gawai Samsung lain yaitu jam tangan pintar Gear S, gelang pintar Gear Fit, headset Samsung Gear VR, dan Smart TV Samsung.

Samsung menekankan bahwa mereka ingin mengenalkan teknologi baru mereka berupa sistem operasi buatan sendiri, Tizen. Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux (kernel) yang bersifat terbuka (open source).

Samsung Galaxy Z2 menjadi ponsel pintar keluaran Samsung, yang ditujukan bagi penikmat ponsel fitur (feature phone) yang ingin beralih ke smartphone. Tak heran, harga Samsung Z2 ini pun dipatok diangka yang cukup rendah.

Dengan harga Samsung Z2 yang ramah kantong, bukan berarti bobot ponsel ini tidak layak saing dengan ponsel Samsung lainnya. Berikut spesifikasi Samsung Z2 yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/01/2019).

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Samsung Z2

Jika dilihat dari label harga Samsung Z2 yang cukup terjangkau, spesifikasi yang disajikan ditaksir sudah sepadan dengan keperluan penggunanya.

Samsung Z2 memiliki berat 127 gram yang berbeda 1 gram saja dengan Samsung Galaxy J1 Mini Prime. Dimensi Samsung Z2 adalah 121.5 x 63 x 10.8 mm. Ponsel ini hadir dengan layar 3.97 inchi yang menggunakan teknologi TFT dengan kerapatan warna ~ 233ppi.

Menariknya, meskipun perangkat ini hadir menyasar kelas bawah dengan harga murah, namun ponsel yang menjalankan sistem operasi Tizen 2.4 ini akses konektivitasnya sudah mendukung jaringan 4g LTE.

Harga Samsung Z2 yang tidak menyentuh angka satu juta ini tidak segan-segan menawarkan memori eksternal yang cukup besar karena memuat hingga 200 giga byte. Sedangkan untuk memori internal, ponsel ini dibekali kapasitas 8 GB dengan RAM 1 GB.

Kamera Samsung Z2 dilengkapi dengan fitur LED Flash dengan ukuran 5 Megapiksel dengan lensa f/2.2. Sayangnya, kamera depan ponsel ini masih VGA alias Video Graphics Array sehingga hasil foto akan kurang memuaskan. Slot yang tersedia di ponsel ini adalah slot USB untuk charger dan earphone.

4 dari 5 halaman

Dapur pacu

Terkait spesifikasi mesin, Samsung Z2 menggunakan mesin Spreadtrum SC9830 dengan empat inti prosesor 1.5GHz. Resolusi layar tercatat 480 x 800 piksel yang terhitung sama dengan layar Samsung Galaxy J1 Mini Prime yang disebut-sebut sebagai kembarannya. Ponsel ini juga menyuguhkan layar sentuh seperti ponsel samsung lain.

Kapasitas baterai Samsung Z2 ini mencapai 1500 mAh, hampir sama dengan smartphone Samsung lainnya. Baterai ponsel ini bukan dalam sistem tanam seperti seri Galaxy. Selain itu, ponsel ini mampu bertahan hingga 8 jam khusus untuk bertelepon. Sementara itu, bagi anda para penggemar musik, ponsel ini dapat memutar lagu hingga 30 jam.

Berbekal fitur dual sim serta dual standby, ponsel ini mengizinkan Anda untuk menggunakan dua kartu sim dalam satu perangkat dan dalam waktu yang bersamaan. Dengan ini, Anda dapat menggunakan keduanya untuk kepentingan yang berbeda.

Ponsel ini juga menawarkan fitur double messenger yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dua akun berbeda untuk aplikasi yang sama dalam satu perangkat. Misalnya, anda dapat memiliki dua akun whatsapp dalam perangkat anda. Ini adalah sebuah terobosan spesifikasi yang luar biasa karena jarang ditemukan di ponsel merk lain.

Samsung selalu membuktikan bahwa produk-produknya layak saing di pasaran. Banyak review di internet yang memuji kinerja Samsung yang semakin tahun semakin berkembang. Dengan adanya sistem operasi buatan mereka sendiri, Samsung berharap agar produknya yang akan datang dapat terlepas dari ketergantungan Android buatan Google.

5 dari 5 halaman

Harga Samsung Z2

Awalnya Samsung Z2 hanya dirilis di India, Afrika Selatan, dan Nepal saja. Baru setelah itu, Indonesia mendapat giliran untuk mencicipi ponsel non android ini. Kehadiran ponsel ini sangat pas buat pengguna smartphone yang bosan dengan sistem operasi android dan ingin menjajal teknologi baru.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kamis (10/01/2019), harga Samsung Z2 di awal 2019 ini dibandrol dengan angka yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 800 ribuan saja. Harga tersebut bisa berbeda tergantung kondisi ponselnya, baru atau bekas.

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Loading