Sukses

Fitur Pertarungan Antar Pemain Resmi Hadir di Pokemon Go

Liputan6.com, Jakarta - Seakan menjawab permintaan dari para pemain, Niantic akhirnya merilis fitur pertarungan antar pemain di Pokemon Go. Sebelumnya, kehadiran fitur ini memang sempat diumumkan Niantic beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (15/12/2018), awalnya fitur ini baru tersedia untuk pemain dengan level 40. Namun, kini sudah dapat diakses oleh pemain dengan level 10 yang menjadi minimun tingkatan pemain untuk dapat mencobanya.

"Saat mendesain Trainer Battles, kami ingin menekankan pentingnya strategi. Dengan pembaruan pertarungan di Trainer Battles, pemain dapat meningkatkan bonus, termasuk membuka Charged Attack tambahan," tulis Niantic.

Untuk dapat menjajal fitur ini, kedua pemain yang ingin bertarung harus berada di lokasi yang sama. Nantinya, pemain dapat memilih lawan dari daftar teman atau memakai fitur pemindaian kode QR di Pokemon Go.

Sementara pertarungan jarak jauh hanya dapat dilakukan dengan teman yang sudah menyandang status Best Friends atau Ultra Friends. Pemain juga dapat berlatih dengan ketua tim Spark, Candela, dan Blanche.

Fitur ini sudah resmi dilepas Niantic untuk pemain di platform iOS dan Android. Namun terkadang belum semua dapat langsung menjajalnya, karena pembaruan dilakukan secara bertahap.

Kehadiran modus ini jelas membawa napas baru di Pokemon Go. Alasannya, animo pemain gim ini terus berkurang, sehingga kedatangan modus baru tentu dapat menaikkan kembali pamor gim besutan Niantic tersebut.

Terlebih, modus ini merupakan salah satu yang ditunggu pemain setia Pokemon Go. Hal itu bukannya tanpa alasan karena pemain dapat diajak merasakan pertarungan antar Pokemon dengan orang lain.

2 dari 3 halaman

Pemain Pokemon Go Bisa Saling Bertukar Monster

Mulai Juni 2018, Niantic juga sudah memastikan diri akan menggulirkan fitur pertukaran koleksi monster antar pemain.

Kendati demikian, fitur ini masih terbatas pemain di level tertentu. Dari akun Twitter Pokemon Go, fitur ini baru tersedia untuk pemain di level 30 hingga 40.

Proses pemberian hadiah atau penjualan Pokemon ini tak dapat dilakukan begitu saja. Pengembang menerapkan sistem pertemanan untuk para pemain Pokemon Go sebelum mereka dapat mencicipi fitur tersebut.

Jadi, pemain harus menjalin hubungan dengan pemain lain untuk dapat berkirim item atau sekadar berbagi bonus. Hubungan pertemanan antar pemain juga dibagi dalam beberapa tingkat, mulai dari Good Friend hingga Best Friend.

Adapun pemain akan menggunakan stardust sebagai alat pembayaran. Niantic sendiri sudah lama mengungkap akan merilis fitur ini, tapi nyatanya baru saat ini meluncur.

3 dari 3 halaman

Sepi Pemain, Pokemon Go Tetap Untung Rp 11 Triliun

Pokemon Go sendiri saat ini memang sudah tidak terlalu populer lagi, berbeda saat gim ini meluncur di iOS dan Android pada Juli 2016.

Meski begitu, laporan akhir tahun yang diterbitkan perusahaan analisis industri, SuperData Research, Kamis (1/2/2018), menyebutkan Pokemon Go ternyata cukup sukses di 2017.

SuperData Research memperkirakan gim Pokemon Go tetap meraup untung sebesar US$ 890 juta atau sekitar Rp 11 triliun sepanjang 2017.

"Berdasarkan pendapatan itu, Pokemon Go berada di posisi kesembilan di dalam daftar 10 gim mobile teratas di 2017," tulis laporan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tiongkok Blokir 9 Judul Gim, Termasuk PUBG dan Fortnite?
Artikel Selanjutnya
Segera Hadir, Modus Pertarungan Antar Pemain di Pokemon Go!