Sukses

Performa Snapdragon 8150 Terungkap, Ungguli A12 Bionic dan Kirin

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui, kebanyakan smartphone Android kelas premium saat ini selalu menggunakan chipset paling tinggi besutan Qualcomm. Biasanya, chipset yang digunakan memakai kode angka delapan (8XX).

Tahun lalu, Qualcomm merilis Snapdragon 845 yang mempersenjatai sejumlah smartphone premium 2018. Namun tahun ini, perusahaan disebut akan mengubah penamaan chipset tersebut alias tidak memakai nama Snapdragon 855.

Berdasarkan rumor yang beredar, Qualcomm memilih untuk memakai nama Snapdragon 8150 untuk chipset ini. Kendati belum ada kabar pasti, kemampuan chipset ini ternyata sudah terungkap di internet beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Tech Radar, Senin (19/11/2018), kemampuan chipset ini diketahui dari laman pengukuran benchmark, AnTuTu. Dari pengukuran tersebut, chip ini berhasil mencatatkan skor 362.292, jauh lebih tinggi dari chip yang ada saat ini.

Sebagai perbandingan, Kirin 980 yang ada di Huawei Mate 20 Pro mencetak skor 309.628. Satu-satunya chip yang mendekati skor tersebut adalah A12 Bionic yang saat ini mencatat skor 352.405.

Tidak hanya itu, skor GPU chipset ini juga lebih tinggi 20 persen dari Snapdragon 845, yakni sekitar 156.328. Skor tersebut berhasil menjadikan Snapdragon 8150 menawarkan performa chipset terbaik saat ini.

Informasi lebih lanjut juga menyebut bahwa Snapdragon 8150 memiliki konfigurasi inti yang tidak biasa, yakni satu inti untuk performa tinggi, tiga inti berkemampuan menengah, dan empat inti yang menawarkan efisiensi daya.

Namun perlu diingat, Qualcomm sendiri hingga saat ini belum memberikan informasi seputar Snapdragon 8150. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi perusahaan yang diperkirakan akan dilakukan dalam waktu dekat. 

2 dari 3 halaman

Kabar seputar Snapdragon 8150

Informasi seputar Snapdragon 8150 sebenarnya sudah diketahui sejak bulan lalu. Dilansir Ubergizmo, ada kabar yang mengungkap kalau Snapdragon 8150 sudah diujicoba untuk kompatibel dengan Android Pie (9.0).

Namun, tak dibocorkan perangkat jenis apa yang diujicoba bersama dengan prosesor generasi anyar ini. Begitu pula tak dijelaskan lebih detail terkait spesifikasi Snapdragon 8150.

Yang pasti, salah seorang sumber membenarkan kalau prosesor tersebut akan menjadi prosesor pertama Qualcomm yang dirancang dengan kemampuan unit neural processing, yang menjadikannya sangat 'cerdas' seperti prosesor Apple A12 Bionic.

3 dari 3 halaman

Sekilas Snapdragon 845

Bicara soal Snapdragon 845, prosesor ini diperkenalkan Qualcomm pada akhir 2017 lalu.  

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh SVP and General Manager Mobile Technologies Qualcomm, Alex Katouzian dalam konferensi terbesar Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 yang dihadiri lebih dari 300 media di seluruh dunia.

"Snapdragon 845 akan fokus di teknologi kamera, virtual reality (VR), kecerdasan buatan, securitywireless fiber experience, dan daya tahan baterai lebih baik," ujar Katouzian dalam sambutannya.

Alasan Qualcomm memakai kecerdasan buatanm teknologi AI dan kamera bakal menjadi lahan bisnis baru yang menggiurkan. Total pendapatan dari AI diprediksi mencapai US$ 160 miliar di 2025.

Selain AI, Qualcomm siap menggeber kemampuan kamera lewat Snapdragon 845. Untuk itu, Qualcomm memboyong sejumlah komponen mumpuni, antara lain prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Baru Diumumkan, Xiaomi Segera Rilis Smartphone dengan Snapdragon 675
Artikel Selanjutnya
Main Gim di Smartphone Menengah Bakal Ngebut Berkat Snapdragon 675