Sukses

Samsung Ungkap Desain Layar dengan Notch

Liputan6.com, Jakarta Saat tren notch hadir di smartphone, Samsung dapat dikatakan menjadi vendor yang memilih untuk tidak ikut mengadopsinya.

Perusahaan asal Korea Selatan itu sempat mengumumkan desain smartphone bezeless baru untuk menghindari kehadiran notch.

Namun dalam ajang Samsung Developer Conference, Samsung ternyata memiliki rencana untuk bergabung dalam tren notch yang banyak diadopsi vendor smartphone tersebut.

Dikutip dari The Verge, Jumat (9/11/2018), Samsung mengakui notch tengah menjadi tren dan ikut menerapkannya. Perusahaan juga sudah memiliki sejumlah desain notch yang nantinya digunakan di perangkat Samsung rilisan 2019.

Director of Product Marketing Samsung , Hassan Anjum, menuturkan Samsung terus berupaya untuk mengurangi bezel dan memperbesar ukuran layar. Menurutnya, ukuran bezel Samsung akan terus mengecil tiap tahunnya.

"Kami berencana mendorong batas dengan jajaran desain layar baru, yakni Infinity U,V, dan O. Konsep baru ini sudah siap dan saya tidak sabar memberi tahun kalian lebih banyak tentang layar ini," tuturnya.

Sekadar informasi, penggunaan nama U,V, dan O sendiri diambil dari bentuk notch yang akan diadopsi Samsung di perangkatnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

1. Infinity U: Notch ini memiliki desain serupa dengan smartphone Essential Phone. Jadi, ada bentuk setengah lingkaran yang terletak di bagian atas layar.

2. Infinity V: Desain ini mirip dengan Infinity U. Namun, alih-alih menggunakan bentuk oval, notch dibuat berbentuk mirip huruf V dengan empat sisi.

3. Infinity O: Sesuai namanya, notch ini berbentuk lingkaran. Berbeda dari notch lain yang diletakkan di tengah layar bagian atas, notch ini berada di pojok atas layar.

4. New Infinity: Teknologi layar ini tidak mengadopsi notch sama sekali. Sayangnya, tidak banyak informasi yang diungkap Samsung mengenai desain layar ini.

2 dari 3 halaman

Ini Spesifikasi Smartphone Layar Lipat Samsung

Selain mengungkap desain notch yang akan di smartphone besutannya, Samsung juga memamerkan smartphone layar lipat yang dikembangkannya.

Belum ada nama untuk smartphone layar lipat milik Samsung ini. Namun, perusahaan menyebutnya sebagai smartphone dengan teknologi Infinity Flex Display.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari PC Mag, Kamis (8/11/2018), smartphone layar lipat ini berbentuk tablet yang bisa dilipat.

Saat dilipat, bentuk smartphone-nya muncul dengan layar kedua. Dengan demikian, sebenarnya ada dua layar untuk smartphone layar lipat Samsung ini.

Seperti buku, saat ditutup atau dilipat ke dalam, perangkat berubah jadi sebuah smartphone berukuran ringkas, 4,5 inci.

Namun saat layar lipatnya dibuka, perangkat berbentuk tablet seluas 7,3 inci. Dengan layar luas ini, smartphone layar lipat Samsung bisa mendukung tiga aplikasi aktif sekaligus.

Spesifikasi untuk kedua layar Samsung dibagi dua, yakni layar 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 4,2:3.

Sementara spesifikasi untuk layar 4,5 incinya, memiliki resolusi 1.960 x 840 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 21:9.

3 dari 3 halaman

Dukungan OS Android

Smartphone layar lipat ini nantinya akan didukung OS Android. Sebelumnya, Google menyebut dengan berbagai pengembangan, OS Android mereka akan mendukung antarmuka untuk smartphone layar lipat.

Samsung menyebut, dengan teknologi layar lipat ini di masa mendatang, smartphone bisa hadir tanpa notch seperti saat ini

Samsung tidak menyebut kapan perangkat ini hadir di pasaran dan harga yang ditawarkan.

Selain itu, Samsung tidak menjelaskan rinci spesifikasi lengkap smartphone layar lipatnya. Namun, rumor terbaru juga menyebut smartphone ini akan dipersenjatai dengan Snapdragon 8150.

Kapasitas RAM perangkat ini belum diketahui, tapi besar kemungkinan Samsung akan menyematkan memori internal 512GB.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga akan mendukung dual SIM. Untuk mendukung performanya, smartphone ini akan menggunakan baterai dengan kapasitas berkisar antara 3.000 hingga 6.000mAh.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
One UI, Antarmuka Terbaru Samsung
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung S5 November 2018, Smartphone dengan Layar terbaik