Sukses

One UI, Antarmuka Terbaru Samsung

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan pengumuman smartphone layar lipatnya, Samsung turut memperkenalkan tampilan antarmuka terbaru untuk perangkatnya.

Dikutip dari Engadget, Jumat (9/11/2018), tampilan antarmuka perangkat ini akan diberi nama One UI. Tidak hanya tampil lebih segar, tampilan One UI juga dibuat untuk memudahkan pengguna.

One UI disebut-sebut akan menjadi suksesor Samsung Experience yang kini digunakan di banyak smartphone Samsung. Sebelumnya, Samsung menggunakan nama TouchWiz untuk tampilan antarmuka perangkatnya.

Salah satu fitur andalan dalam One UI adalah 'Focus Blocks'. Fitur ini memungkinan pengguna mengelompokan sejumlah hal penting dalam smartphone-nya agar mudah dijangkau.

Sejumlah pihak menyebut kehadiran fitur ini tidak lepas dari ukuran layar perangkat Samsung, seperti Galaxy Note 9 dan Galaxy S9+, yang terbilang sangat besar. Karenanya, One UI dibuat agar navigasi pengguna tetap nyaman di layar besar.

Dalam kesempatan tersebut Samsung juga menunjukkan penerapan tampilan antarmuka yang dibuat lebih terjangkau. Contohnya di aplikasi 'Messages'.

Jadi, sepertiga bagian atas aplikasi ini merupakan 'viewing area', sedangkan sisanya adalah 'interaction area'. Lewat pembagian ini, pengguna cukup berinteraksi di bagian bawah untuk mengetahui isi pesan.

Perubahan juga dilakukan Samsung pada tombol 'Share' sehingga lebih mudah dijangkau jempol. Selain beberapa hal tersebut, Samsung belum mengungkap lebih banyak detail, tapi perusahaan menjanjikan One UI menawarkan konten dan fitur yang terjangkau jari.

Samsung juga membenamkan modus Night agar pengguna tetap nyaman memakai perangkat dalam kondisi gelap.

Samsung sendiri belum mengungkap waktu perilisan One UI, tapi ada kemungkinan tampilan antarmuka ini akan tampil perdana di Galaxy S10.

2 dari 3 halaman

Ini Dia Penampakan Smartphone Layar Lipat Buatan Samsung

Sesuai janji, Samsung akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone layar lipatnya dalam ajang Samsung Developer Conference yang digelar di Amerika Serikat, Rabu (7/11/2018) waktu setempat.

Perusahaan Korea Selatan itu menyebut teknologi smartphone layar lipatnya, Infinity Flex Display.

Dengan layar berukuran seperti tablet, smartphone ini akan mampu dilipat sehingga nantinya dapat dengan mudah masuk ke dalam saku pengguna.

Dihadapan para undangan Samsung Developer Conference, perusahaan mendemonstrasikan perangkat yang 'disamarkan' selama acara untuk melindungi elemen dan poin penting desain smartphone-nya.

"Ada perangkat di dalam sini dan tampilannya menakjubkan," ungkap SVP of mobile product marketing, Justin Denison, sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Kamis (8/11/2018).

Denison pun menunjukkan sebuah perangkat berbentuk tablet yang kemudian dilipat hingga memiliki bentuk layaknya smartphone di pasaran saat ini.

Diketahui, perangkat ini sudah termasuk sebuah layar penutup yang dapat berfungsi sebagai telepon, dengan layar utama berukuran 7,3 inci.

Dalam presentasinya, Denison memperlihatkan bagaimana perangkat tersebut dapat mengoperasikan tiga aplikasi secara bersamaan. Hal ini berkat fitur yang Samsung sebuat multi active window.

Ia mengatakan, produksi massal Infinity Flex Display akan dimulai dalam "hitungan bulan". Sayang, belum diketahui kapan tepatnya kita dapat melihat lebih dekat dengan smartphone layar lipat pertama Samsung ini.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Smartphone Layar Lipat Samsung

Dikutip Tekno Liputan6.com dari PC Mag, smartphone layar lipat ini berbentuk tablet yang bisa dilipat.

Saat dilipat, bentuk smartphone-nya muncul dengan layar kedua. Dengan demikian, sebenarnya ada dua layar untuk smartphone layar lipat Samsung ini.

Seperti buku, saat ditutup atau dilipat ke dalam, perangkat berubah jadi sebuah smartphone berukuran ringkas, 4,5 inci.

Namun saat layar lipatnya dibuka, perangkat berbentuk tablet seluas 7,3 inci. Dengan layar luas ini, smartphone layar lipat Samsung bisa mendukung tiga aplikasi aktif sekaligus.

Spesifikasi untuk kedua layar Samsung dibagi dua, yakni layar 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 4,2:3.

Sementara spesifikasi untuk layar 4,5 incinya, memiliki resolusi 1.960 x 840 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 21:9.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Peneliti: Ada 3,2 Juta Aplikasi Jahat di Android
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung S5 November 2018, Smartphone dengan Layar terbaik