Sukses

Menggenggam Galaxy A7 dan A9, Smartphone Pertama Samsung dengan Kamera Triple dan Quad

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tekno Liputan6.com berkesempatan mendatangi perhelatan spesial yang diadakan Samsung untuk memperkenalkan smartphone mid range (kelas menengah) terbarunya, Galaxy A7 dan Galaxy A9 di acara 4x Fun yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sesuai dengan hembusan rumor yang beredar beberapa waktu terakhir, kedua smartphone ini benar membawa konfigurasi kamera utama yang anti mainstream. 

Jika smartphone besutan kompetitor Samsung kebanyakan hadir dengan kamera utama ganda, Galaxy A7 dan Galaxy A9 justru menggebrak pasar dengan kamera utama lebih dari dua.

Galaxy A7, misalnya, ia hadir dengan konfigurasi tiga kamera utama. Adapun untuk saudara tuanya, Galaxy A9, dilengkapi dengan lensa yang lebih banyak, yakni empat kamera utama.

Bahkan, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mengklaim kalau Galaxy A9 adalah smartphone pertama di dunia yang membawa empat kamera utama sekaligus.

"Galaxy A9 adalah smartphone pertama di dunia yang hadir dengan empat kamera utama," ujar Eugene Goh VP, Samsung South East Asia and Oceania.

Eugene menuturkan, perusahaan merancang inovasi terbaru pada smartphone anyar ini khusus untuk pengguna yang gemar travel dan selfie.

Setelah pengumuman resmi, Tekno Liputan6.com pun beruntung bisa langsung mengenggam kedua smartphone tersebut untuk pertama kalinya. Dalam sesi hands-on singkat, kami berhasil mengabadikan wajah Galaxy A7 dan A9, lengkap dengan susunan kamera triple dan quad-nya.

Untuk lebih lengkap, yuk intip Galaxy A7 dan A9 dari dekat lewat rangkaian foto berikut ini.

2 dari 3 halaman

Hands-On Galaxy A7

Galaxy A7 cuma mengusung tiga kamera utama saja. Ia tersusun secara vertikal di pinggir kiri kover belakang smartphone.

Tiga kamera yang disematkan Samsung pada Galaxy A7 memiliki fungsi berbeda. Satu lensa beresolusi 8MP dengan cakupan luas hingga 120 derajat.

Sementara, ada lensa utama dengan resolusi 24MP, ditambah lensa beresolusi 5MP untuk kemampuan Live Focus.

Adapun keperluan selfie Samsung Galaxy A7 ini diserahkan pada kamera depan beresolusi 24MP yang didukung dengan LED flash.  

Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6 inci (1.820x2.220 piksel) dengan konsep bezeless.

Desainnya sendiri mengadopsi konsep layar flagship Infinity Display, sedangkan bodinya berbalut material kaca. Ia hadir dalam tiga balutan warna: Blue, Gold, dan Black.

Samsung pun turut menyertakan sistem Dolby Atmos, Samsung Bixby, hingga Samsung Health. Sebagai tambahan, pemindai sidik jari smartphone ini diletakkan di bagian samping, bukan belakang seperti model Galaxy A seri sebelumnya.

Smartphone sudah berjalan sistem operasi Android 8.0, ia juga hadir dengan dua opsi memori, yakni RAM 4GB+64GB dan RAM 6GB+128GB.

Untuk mendukung performanya, Galaxy A7 anyar ini dibekali prosesor Exynos 7885 octa core. Adapun urusan daya diserahkan kepada baterai berkapasitas 3.300mAh. 

Galaxy A7 dilengkapi teknologi seamless unlocking, di mana slot pemindai sidik jarinya bertengger di pinggir bodi smartphone.

3 dari 3 halaman

Hands-On Galaxy A9

Empat kamera utama Samsung Galaxy A9 sendiri masing-masing memiliki resolusi 24MP f/1.7 dan 10MP f/2.4 dengan lensa telephoto optical zoom 2x.

Kemudian  ada kamera ultra wide 8MP f/2.4 dan depth camera 5MP f/2.2 dengan Live Focus. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 24MP. Semua lensa juga tersusun vertikal.

Soal dapur pacu, Galaxy A9 ditopang prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 512GB.

Untuk urusan layar, Galaxy A9 mengusung bentang layar 6,3 inci Super AMOLED (2160×1080 piksel) dengan teknologi Super AMOLED.

Adapun untuk sensor fingerprint alias pemindai sidik jari, jika Galaxy A7 memiliki sensor fingerprint di pinggir bodi smartphone, Galaxy A9 justru tetap menghadirkan sensor tersebut di belakang kover smartphone.

Smartphone ini diperkuat baterai 3.800mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0. 

Untuk ketersediaan produk, DJ Koh selaku Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung mengatakan Galaxy A9 akan tersedia pada November 2018.

Ia akan hadir dalam tiga pilihan warna menawan dan kekinian, mulai dari Caviar Black, Lemonade Blue, dan Bubblegum Pink.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 10 Tak Akan Punya Headphone Jack 3,5mm
Artikel Selanjutnya
Ramai Hadir Pocophone Cs, Apa Kata Bos Samsung?