Sukses

Pengembang Mobile Legends Bakal Buka Markas di Indonesia

Alasan pembukaan kantor cabang tersebut salah satunya karena sebagian besar pemain Mobile Legends berasal dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Developer (pengembang) Mobile Legends: Bang Bang, Moonton, akan membuka kantor cabang di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Alasan pembukaan kantor cabang tersebut salah satunya karena sebagian besar pemain Mobile Legends berasal dari Indonesia.

Operational Manager Moonton Indonesia, Dimaz Wiratama S, mengungkapkan pentingnya Indonesia dalam perkembangan Mobile Legends. Faktor utamanya karena Indonesia merupakan pasar terbesar dengan 70 juta pengguna yang melakukan registrasi dengan lebih dari 50 juta pemain aktif bulanan.

"Popularitas Mobile Legends pertumbuhannya sangat signifikan di Indonesia, sehingga kami pun menjalin kerja sama dengan banyak mitra dan mengadakan acara-acara offline di sini," tutur pria yang disapa Wira tersebut dalam konferensi pers Mobile Legends  di kawasan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Kantor di Indonesia pun merupakan gambaran pentingnya posisi Indonesia bagi perkembangan Mobile Legends.

"Ini akan menjadi kantor cabang pertama Mobile Legends, yang akan menjadi tempat kerja dari tim customer service, pemasaran dan operational," sambungnya.

Kantor tersebut, tambah Wira, akan memiliki tiga pilar utama, yaitu support, adapt dan growth.

Kantor baru ini diharapkan dapat memberikan dukungan terbaik, termasuk layanan yang membuat pengalaman pemain menjadi lebih baik.

Adapt sendiri bertujuan, agar dapat memahami budaya Indonesia dengan lebih baik, sedangkan growth menggambarkan harapan Mobile Legends untuk terus tumbuh di Indonesia.

Sayangnya, Wira belum memastikan kapan kantor itu akan diresmikan. Pihaknya saat ini juga tengah melakukan perekrutan karyawan lokal, agar komunikasi dengan pemain dapat berjalan lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Data Center di Indonesia

Selain pembukaan kantor, Moonton juga akan mengoptimalisasi jaringan Mobile Legends dengan membangun data center atau server di Indonesia. Server ini masih dalam proses pengujian.

"Waktu pengujiannya di setiap negara berbeda-beda, seperti di Tiongkok dan Singapura pun berbeda. Oleh sebab itu, saya belum tahu proses pengujian di sini akan berlangsung berapa lama," ungkap Wira.

Salah satu keuntungan server di Indonesia, kata Wira, akan membuat pengalaman bermain gim menjadi lebih baik, termasuk mengurangi lagging.

Selain itu, tim Mobile Legends pun berkomitmen melahirkan lebih banyak konten dengan cita rasa lokal. Setelah sebelumnya menghadirkan tokoh hero Gatotkaca, Mobile Legends kini juga memiliki karakter Indonesia lainnya, yaitu Kadita. Karakter ini terinspirasi dari legenda ratu samudera Indonesia.

Konten lokal lain yaitu menghadirkan lebih banyak pengisi suara hero Mobile Legends dari Indonesia. Sebelumnya, artis Jessica Iskandar dipilih untuk mengisi suara karakter Layla.

"Ke depan akan lebih banyak konten lokal lain, termasuk hero dan pengisi suaranya. Kami pun yakin Mobile Legends akan semakin berkembang, termasuk di Indonesia," pungkas Wira.

3 dari 3 halaman

Indonesia Penyumbang Pengguna Aktif Terbesar untuk Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu gim mobile terpopuler di Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Operational Manager Moonton Indonesia, Dimaz Wiratama S. jumlah pengguna aktif bulanan Mobile Legends di Indonesia kini mencapai 50 juta.

Mobile Legends saat ini memiliki total 170 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia dan Indonesia merupakan kontributor terbesar.

"Pengguna aktif bulanan dari Indonesia jumlahnya 50 juta lebih, dan itu merupakan yang paling besar dibandingkan negara-negara lain," tutur pria yang akrap disapa Wira ini dalam acara konferensi pers Mobile Legends: Bang Bang di kawasan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Tak hanya itu, Indonesia pun merupakan penyumbang terbesar untuk jumlah pengguna yang melakukan registrasi.

Saat ini, gim multiplayer online battle arena (MOBA) itu memiliki 200 juta lebih pengguna teregistrasi secara global, dengan 70 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Gim ini tersedia di 100 negara dengan dukungan 22 bahasa.

Tingginya popularitas Mobile Legends di Indonesia, membuat Moonton sebagai developer gim tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Tanah Air.

Mitranya di Indonesia termasuk dari operator seluler hingga televisi nasional.

"Kami kerja sama dengan banyak mitra lokal, termasuk operator seluler dengan menyediakan paket data khusus. Kami memiliki komitmen kuat di Indonesia, termasuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal, karena memang Indonesia merupakan pasar nomor satu untuk kami," ungkap Wira.

Mobile Legends merupakan gim yang didesain untuk ponsel Android dan iOS. Sejak dirilis pada 2016 sampai sekarang, gim ini sudah memiliki 63 hero dengan salah satunya Gatotkaca yang merupakan tokoh pewayangan populer dari Indonesia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.