Sukses

Fitur Baru Gmail di Android Bisa Kirim Pesan Rahasia

Liputan6.com, Jakarta - Gmail untuk Android kini memiliki fitur baru, yakni Confidential Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan rahasia dan pesan bisa hilang, segera setelah dikirimkan dan dilihat oleh penerimanya.

Sebagaimana dikutip dari CNET, Senin (20/8/2018) Confidential Mode memungkinkan pengguna mengontrol email yang dikirim dengan lebih ketat. Pasalnya, lewat mode ini pengguna bisa mengatur waktu kedaluarsa email yang dikirim.

Fitur ini bisa dibilang mirip dengan fitur message Snapchat atau secret chat Telegram, yakni pesan bakal hilang sesuai waktu yang telah ditentukan.

Confidential Mode yang ada di Gmail for Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain itu, penerimanya pun tidak bisa mem-forward, copy, cetak, atau mengunduh pesan yang dikirimnkan. Kendati begitu, Google menyebut para pengguna masih bisa mengambil screenshot atas email tersebut.

Ketika pengguna mengirim email dengan Confidential Mode, mereka bisa menerapkan kata sandi untuk membukanya, yakni dengan pengaturan SMS.

Nantinya nomor telepon penerima yang didaftarkan saat mengirim pesan akan dikirimi kata sandi. Sandi itulah yang dimasukkan sebagai kode untuk membuka email.

Sekadar diketahui, Confidential Mode merupakan bagian dari versi baru Gmail yang dirilis Google tahun 2018 ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna Gmail Kebanjiran Spam

Sebelumnya, sejumlah pengguna Gmail dilaporkan kebanjiran pesan spam di folder pesan terkirimnya.

Ya, akun Gmail para pengguna tersebut justru mengirim pesan spam ke alamat email lain, padahal yang bersangkutan tak pernah mengirimkannya.

Mengutip laman Mashable, kejadian ini dilaporkan pada Minggu pagi. Meski pengguna sudah mengganti password, email-email spam tetap bermunculan.

Beberapa pengguna yang mendapatkan pesan spam menyebut, mereka mengaktifkan two-factor authentication di akun Gmail mereka.

"Akun email-ku telah mengirim tiga email spam dalam waktu kurang dari satu jam. Pesan-pesan ini dikirimkan ke 10 alamat email yang tidak aku ketahui," demikian bunyi tulisan yang diunggah salah satu pengguna pada 21 April 2018 di Google Help Forum.

Ada pula yang mengeluhkan mereka sudah mengubah password segera setelah mendapati akunnya mengirim email spam. "Saya telah mengubah password setelah akun mengirim satu pesan spam, namun malah terjadi lagi dua kali," kata seorang pengguna.

Adapun email-email spam tersebut dikirimkan dalam berbagai subyek. Misalnya saja iklan penurun berat badan atau berjualan suplemen makanan.

"Subjek email-nya ada yang menawarkan penurun berat badan dan suplemen penambah berat badan untuk pria. Saya sudah melaporkannya sebagai spam. Mohon bantuan, apa yang bisa saya lakukan untuk memastikan bahwa akun ini tidak dikompromikan (disalahgunakan)," tulis seorang pengguna di Google Help Forum.

Banyak orang pun menanggapi dengan membenarkan kejadian tersebut. Mereka juga meminta Google menyelesaikan masalah email spam di akun Gmail ini.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Gulirkan Tema Dark untuk Gmail, Tapi...
Artikel Selanjutnya
3 Trik Gmail yang Patut Kamu Ketahui, Biar Kirim Email Semakin Mudah