Sukses

Tagar #HariPertamaSekolah Jadi Trending Topic, Antara Doa dan Nostalgia

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 15 Juli 2018, merupakan hari pertama sekolah untuk seluruh siswa di Indonesia. Di hari pertama sekolah, para orangtua biasanya sudah mulai sibuk mempersiapkan anak-anaknya yang akan bersekolah.

Menyambut hari penting ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, juga meminta para guru untuk menyambut para siswa di hari pertama sekolah ini.

"Mari kita menyambut putra-putri terbaik kita yang akan masuk sekolah. Para guru yang menjadi penentu berhasil tidaknya proses belajar-mengajar di sekolah," katanya.

Keriuhan kegiatan perdana di sekolah ini juga ada di media sosial, terutama Twitter. Pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (16/7/2018), tagar Hari Pertama Sekolah menjadi Trending Topic Twitter Indonesia.

Kebanyakan kicauan warganet di hari pertama sekolah ini berisi harapan para orangtua terhadap anak-anaknya. "Siap2 ganti kustom dari putih merah ke putih biru..Selamat belajar dan menuntut ilmu ya kak," tulis akun @BundeVels.

Selain doa dan harapan dari para orangtua, tagar ini juga diramaikan dengan warganet yang bernostalgia dengan hari pertama sekolah. Untuk mengetahui lebih lengkap kicauan warganet, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuitan Orangtua Lainnya di Twitter

3 dari 3 halaman

Pesan Mendikbud di Hari Pertama Sekolah

Selain itu, Mendikbud Muhadjir Effendy juga meminta para orangtua memperhatikan anaknya dalam rangka menyambut tahun ajaran baru. "Kalau bisa diantarkan ke sekolah, dititipkan secara eksplisit kepada para gurunya," ucap Muhadjir seperti dilansir dari Antara. 

Mendikbud menjelaskan para orangtua berperan penting dalam proses pendidikan anak di sekolah dan di rumah. Orangtua yang hebat, kata dia, adalah para orangtua yang terlibat dalam proses pendidikan anak.

Dia juga mengajak para orangtua menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif untuk generasi bangsa dan sinergi yang baik antara sekolah, orang tua dan masyarakat.

"Orangtua sebaiknya turut mengantarkan anaknya ke sekolah pada hari pertama. Jangan sebatas di pintu gerbang saja, tetapi menemui gurunya agar mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menunjang proses belajar anak," ucap mantan Rektor universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Dia juga berpesan kepada seluruh siswa untuk gembira masuk sekolah karena sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.