Sukses

Deretan Kelebihan iPhone 5S, Smartphone Spek Mumpuni Harga Murah

Minat masyarakat terhadap smartphone tak henti-hentinya berkembang. Berbagai merek seperti Samsung, Xiaomi, Apple, Asus, dan masih banyak pabrikan lain, berlomba membuat produk terbaik mereka.

Jakarta - Minat masyarakat terhadap smartphone tak henti-hentinya berkembang. Berbagai merek seperti Samsung, Xiaomi, Apple, Asus, dan masih banyak pabrikan lain, berlomba membuat produk terbaik mereka.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa iPhone adalah salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan, masyarakat tetap rajin berburu iPhone lawas untuk menjadikannya gawai yang memudahkan kehidupan sehari-hari.

Banyak alasan masyarakat tetap berburu iPhone meski bekas. Alasan pertama adalah ketimbang beberapa merek lain seperti Samsung, iPhone seakan memiliki daya 'magis' di mana para penggunanya akan seketika terlihat keren hanya dengan memakainya.

Namun alasan paling penting adalah aspek ini: harga iPhone yang sudah turun tidak dibarengi dengan turunnya performa. Di banyak kasus, bahkan performa dan kelebihan iPhone 5S yang rilis di 2013 silam bisa lebih baik dari Android keluaran yang lebih baru.

Ssalah satu yang varian iPhone yang paling dicari adalah iPhone 5S. Kelebihan iPhone 5S dianggap cukup banyak menonjol sembari harganya sudah jatuh.

iPhone 5S adalah iPhone keluaran 2013, atau hampir 5 tahun lalu. Tentu iPhone ini sudah tak beredar secara resmi. Meski demikian, masih banyak orang yang mencari tahu berbagai kelebihan iPhone 5S ini untuk menimbang apakah smartphone ini layak dibawa pulang.

Berikut kami akan menjabarkan berbagai kelebihan iPhone 5S, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (5/6/2018) Berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan iPhone 5S dibanding Android

Apple dan Android tentu memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing. Meski demikian tetap ada beberapa kelebihan iPhone 5S yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membeli gadget ini. Berikut ulasannya.

1. Aplikasi terbaik lebih dulu hadir untuk iPhone

Salah satu kelebihan iPhone 5S ketimbang And adalah soal aplikasi. Pasalnya para developer aplikasi tampaknya lebih gemar merilis aplikasi andalan mereka lebih dulu di Apple AppStore untuk perangkat berbasis iOS. Sementara aplikasi versi Android-nya akan menyusul belakangan.

2. Memiliki desain lebih baik

Kelebihan iPhone 5S kedua adalah soal desain. iPhone terkenal sebagai vendor yang mengkreasikan berbagai desain yang jadi trendsetter. Tak heran begita banyak smartphone yang berbentuk mirip iPhone. Di sisi lain, smartphone berbasis Android akan mengikuti desain vendor pembuatnya, sehingga tidak ada sinkronisasi tertentu antara OS Android dengan desain smartphone yang membawanya.

3. Apple Pay

Sistem pembayaran via perangkat mobile diyakini banyak pihak akan ramai, dan salah satu kelebihan iPhone 5S adalah fitur Apple Pay yang bisa jadi platform cashless Anda.

4. Layanan purna jual terbaik

Salah satu kelebihan iPhone 5S yang lainnya adalah skema purna jual Apple yang dianggap terbaik. Dengan membayar AppleCare yang merupakan semacam asuransi, biaya-biaya reparasi jika iPhone rusak bisa dipangkas. Android tidak punya platform semacam ini, namun biasanya juga mendapat garansi dari toko ataupun pabrikan.

5. Kamera

Meskipun jika dibandingkan dengan berbagai smartphone keluaran vendor lain iPhone selalu memiliki kamera yang resolusinya kecil, iPhone tak pernah bercanda soal kualitasnya. Kamera pun jadi salah satu kelebihan iPhone 5S yang paling utama, dengan mengusung sensor paling besar ketimbang smartphone sekelas dan dengan tahun lahir sama, sehingga foto yang dihasilkan pun lebih superior.

6. Update software

Salah satu kelebihan iPhone 5S dibanding Android adalah soal update software yang selalu disediakan dengan cepat oleh Apple. Jika Anda menggunakan Android, update software seperti upgrade dari Nougat ke Oreo, tak selalu disediakan oleh vendor smartphone yang bersangkutan. Disediakan pun, biasanya agak telat.

3 dari 5 halaman

Kelebihan iPhone 5S

Dengan banderol harga bekas paling mahal satu setengah juta rupiah, berbagai kelebihan iPhone 5S sudah bisa Anda dapatkan tanpa harus rogoh kocek dalam-dalam. Berikut berbagai kelebihan dari iPhone 5S.

1. Prosesor

iPhone 5S adalah satu smartphone pertama yang mengusung prosesor quad-core 64bit dengan kecepatan clock 1.3GHz dengan ARMv8 Dual Core. Prosesor A7 besutan Apple ini memiliki performa dan kinerja grafis dua kali lebih cepat ketimbang generasi iPhone sebelumnya. Selain itu juga terdapat prosesor 'gandengan' dari A7 yakni M7 yang menangani berbagai fitur baru bawaan iPhone seperti accelerometer, gyroscope, dan lainnya.

2. Kamera

Meskipun jika dibandingkan dengan berbagai smartphone keluaran vendor lain iPhone selalu memiliki kamera yang resolusinya kecil, iPhone tak pernah bercanda soal kualitasnya. Kamera pun jadi salah satu kelebihan iPhone 5S yang paling utama, dengan mengusung sensor paling besar ketimbang smartphone sekelas dan dengan tahun lahir sama, sehingga foto yang dihasilkan pun lebih superior.

Sensor ini 15 persen lebih besar dibanding milik iPhone 5, sehingga cahaya yang masuk ke sensornya pun jadi lebih banyak dan foto jadi lebih cerah.

Bahkan, salah satu kelebihan iPhone 5S yang mungkin tak banyak dimiliki smartphone-smartphone zaman sekarang adalah kemampuan merekam video slow-motion dengan frame-rate 120 fps di resolusi HD.

3. Ukuran dan desain

Bagi yang tidak suka dengan desain smartphone masa kini yang sebagian besar memiliki bentang layar di atas 5 inci, Anda akan menemukan kelebihan dari iPhone 5S di segi desain ini menarik. Pasalnya, dengan rasio layar yang sudah 16:9, iPhone 5S mengusung bentang layar hanya 4 inci. Cocok bagi Anda yang bertangan mungil. Selain itu dengan frame metal dan ketebalan yang pas, iPhone 5S nampak elegan dibanding banyak kompetitor di kelasnya.

4. Meski jadul namun banyak fitur

Tak banyak smartphone keluaran tahun 2013 punya fitur sebanyak iPhone 5S. Pasalnya berbagai teknologi seperti GPS, WiFi Hotspot, TV Out, Gyroscope, serta koneksi 4G LTE, membuat deretan kelebihan iPhone 5S ini sangat menonjol mengingat harganya yang sudah jatuh.

4 dari 5 halaman

Kelebihan iPhone 5S dari sektor kamera

Berbicara soal fitur terbaik, tak bisa dipungkiri bahwa kelebihan iPhone 5S yang utama adalah di aspek kamera. Meski tak ada peningkatan dari iPhone 5 soal jumlah megapiksel yakni 8MP, namun Apple membuat peningkatan yang signifikan di iPhone 5S untuk membuat smartphone ini memiliki kamera dengan performa terbaik di kondisi kurang cahaya atau low-light. Secara konvensional, kamera smartphone di era 2013 - 2014 belum menaruh perhatian soal fotografi low-light.

Untuk membuatnya jadi smartphone yang kuat di low-light, Apple membuat sensor kamera iPhone 5S jadi lebih besar. Awalnya, sensor kamera di iPhone generasi sebelum nya 1/3.2, di iPhone 5S ukuran sensor naik jadi 1/3. Hal ini membuat ukuran piksel jadi naik dari yang awalnya 1,4 micron menjadi 1,5 micron.

Shutter speed dari iPhone 5S ini juga cukup cepat, sehingga Anda bisa mengambil 10 foto per detik.

Untuk flash, iPhone 5S memiliki fitur baru yakni True Tone Flash yang mampu manganalisis cahaya sekitar dan menyesuaikan kekuatan flash sehingga cahaya flash yang menerpa kita nampak alami.

salah satu kelebihan iPhone 5S yang mungkin tak banyak dimiliki smartphone-smartphone zaman sekarang adalah kemampuan merekam video slow-motion dengan frame-rate 120 fps di resolusi HD.

5 dari 5 halaman

Kelebihan iPhone 5S vs iPhone 5

Meski bisa dikatakan satu generasi dengan bentuk luar yang tak berbeda, iPhone 5S dan iPhone 5 memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut akan kami jabarkan beberapa kelebihan iPhone 5S dibandingkan dengan iPhone 5.

  1. iPhone 5S memiliki pilihan warna baru yakni Space Gray dan juga Gold.
  2. iPhone 5S memiliki kamera depan dengan sensor yang lebih besar, di mana iPhone 5S mengusung sensor dengan piksel berukuran 1,9 micron, sementara iPhone 5 cuma 1,75 micron. Hal ini membuat performa kamera selfienya jadi jauh lebih baik dan cerah.
  3. iPhone 5S memiliki Touch ID yang merupakan teknologi pemindai sidik jari dari Apple. Hal ini terlihat dari bentuk tombol homenya yang berbeda dengan iPhone 5, karena memang iPhone 5 belum memiliki TOuch ID.
  4. iPhone 5S memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari iPhone
  5. Dengan waktu pemakaian 10 jam dengan WiFi atau 4G LTE
  6. iPhone 5S memiliki prosesor yang lebih baik yakni Apple A7 64bit 1,3GHz yang dipadu prosesor M7 Motion. iPhone 5 hanya mengusung prosesor Apple A5 tanpa prosesor gandengan.
  7. iPhone 5S didukung hingga iOS 11, sementara iPhone 5 hanya sampai iOS 10. Banyak juga laporan pengguna di mana iPhone 5 sudah melambat ketika sudah update hingga iOS 9, jadi iPhone 5S masih baik digunakan hingga sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.