Sukses

Cara Membuat Website dari Wordpress, HTML, atau PHP, yang Mudah dan Cepat

Jakarta Saat ini, kita bisa dengan mudah beraktualisasi diri dengan menyalurkan berbagai karya yang kita buat. Pasalnya, ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk menunjukkan karya kita ke khalayak luas. Sebut saja media sosial, YouTube, website dan blog.

Blog pun juga masih banyak digunakan masyarakat untuk menyalurkan karya berupa tulisan. Meski demikian, blog tak sekadar digunakan untuk berkarya. Semua pihak kini hampir semua memiliki website untuk tampat meletakkan data informasi tentang mereka.

Tak cuma itu, adanya website membuat status kita lebih sah. Ambil contoh ketika kita memiliki sebuah toko baju, akan lebih baik jika berbagai informasi dan ketersediaan baju di toko tersebut diperbaharui di website resmi toko tersebut. Jadi, jika sebuah toko memiliki website, toko itu akan terlihat legit.

Tak cuma toko, perusahaan, penyedia jasa, destinasi wisata, bahkan publik figur pun juga membutuhkan website. Oleh karena itu, penting untuk membagi berbagai cara membuat website yang mudah agar Anda bisa mengkreasikan sendiri. Seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Selasa (26/6/2018) dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

2 dari 5 halaman

Cara membuat website atau blog sendiri di google secara gratis

Jika Anda ingin punya website yang sederhana, dengan cara membuat website yang juga mudah dan tak rumit, solusinya adalah blog. Blog adalah cara paling mudah untuk kita mempunyai website sendiri, membuat tampilan sendiri dengan mudah, serta gratis tanpa membayar. Ada dua cara membuat website berbasis blog yang bisa Anda tempuh, menggunakan Blogspot dan juga Wordpress.

Berikut caranya.

  1. Buka www.blogger.com, masukkan email dan password Google Anda, lalu klik masuk, (ketik daftar jika Anda tak miliki akun Google)
  2. Klik tab "Blog Baru" untuk memulai blog baru Anda
  3. Ketika sudah muncul box untuk mendaftar Blog baru, isi judul dan alamat blog sesuai dengan yang Anda inginkan
  4. Blog telah jadi. Klik "Mulai mengeposkan" untuk membuat tulisan blog pertama Anda.
3 dari 5 halaman

Cara membuat website di Wordpress

Salah satu platform blogging selain Blogspot adalah Wordpress. Wordpress adalah platform yang sedikit lebih kompleks dan rumit ketimbang Blogspot. Banyak blogger dan bahkan website ternama menggunakan Wordpress karena penyesuaian konten yang lebih leluasa ketimbang Blogspot. Oleh karena itu, cara membuat website di Wordpress biasa digunakan oleh blogger yang sudah agak berpengalaman.

Berikut cara membuat website di Wordpress

  1. Buka website Wordpress di id.wordpress.com
  2. Klik 'Buat situs web'
  3. Akan muncul halaman baru di mana Anda harus mengisi berbagai informasi seperti email, nama pengguna, password, serta alamat blog.
  4. Isi kolom tersebut dengan berbagai informasi yang Anda inginkan, sekaligus pilih nama blog dan URLnya. Jangan lupa juga untuk klik link yang bertuliskan "akan menggunakan alamat yang gratis"
  5. Klik tombol 'buat blog'
  6. Pihak Wordpress akan mengirim link verifikasi di email Anda. Klik link verifikasi tersebut dan laman dasbor akan muncul. Ini menandakan bahwa Blog Anda telah jadi dan sudah siap diisi.

 

4 dari 5 halaman

Cara membuat website dengan HTML

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah HTML. Namun sebenarnya HTML bukanlah istilah awam, namun merupakan sebuah kode untuk merancang website dan cara membuat website bisa Anda tempuh dengan memahami hal ini. HTML yang merupakan kependekan dari HyperText Markup Language, merupakan salah satu cara sederhana dan mendasar untuk membuat website.

Berikut adalah tag dasar dari HTML sebagai cara membuat website.

  • : Jenis Dokumen
  • : Bagian Header atau Atas Web
  • : Judul Halaman Web
  • : Bagian Body atau Isi Web.

Di bawah ini adalah contoh pengaplikasian tag HTML yang bisa digunakan untuk merancang website sederhana Anda.

Nah, karena Anda sudah tahu dasarnya, mari kita coba menempuh cara membuat website menggunakan HTML.

  • Install Notepad++
  • Masukkan kode ke dalam Notepad. Contoh:
  • Edit isi judul, header, serta bodi dan isi web Anda
  • Save As dengan format (.html). Anda harus memilih html karena ketika Save As secara default, file akan berjenis (.txt).
  • Coba buka file Anda di browser, seperti Chrome atau Firefox.

Berikut contoh hasilnya jika Anda membukanya di browser:

5 dari 5 halaman

Cara membuat website dengan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan sebagai cara membuat website. Berdasarkan data dari w3techs.com, PHP berada di urutan pertama sebagai bahasa pemrograman paling banyak dipakai untuk membuat website dengan jumlah yang cukup fantastis yakni 83,1 persen dari semua website menggunakan PHP.

Berbagai keunggulan PHP dibanding bahasa pemrograman yang lain adalah laman konten yang dinamis, kemudahan modifikasi informasi di database, mengontrol akses dari user, serta kemudahan enkripsi data. Kelemahannya, cara membuat website dengan PHP memakan waktu cukup panjang dan rumit karena dibutuhkannya pemahaman tinggi soal bahasa pemrograman.

Jadi jika Anda ingin untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP yang ternyata cukup rumit dan panjang, ada banyak website yang mendedikasikan diri untuk memberi pengguna pelajaran soal memanfaatkan bahasa pemrograman ini. Melansir Niagahoster.co.id, Anda bisa mencoba mengakses beberapa website ini untuk belajar, antara lain: W3Schools.com, Tizag.com, Codeacademy.com, Learn-PHP.org, SoloLearn.com, serta Ilmuwebsite.com.

 

Cara membuat website sekolah, desa, dan perusahaan

Untuk membuat website yang digunakan untuk informasi sekolah, desa, perusahaan Anda bisa sekedar menggunakan blog. Pasalnya, pengoperasian dari blog yang mudah, laman tampilannya menarik, dan pastinya gratis, sudah sangat cukup untuk perusahaan hingga sekolah. Untuk cara membuat website berbasis blog silakan ikuti cara membuat website dengan Blogspot dan Wordpress di atas.