Sukses

Tips Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - IGTV merupakan fitur ala televisi yang baru saja diluncurkan Instagram pada Rabu malam (21/6/2018) waktu Amerika Serikat (AS).

Sontak, fitur tersebut menjadi sensasi terkini dan memancing rasa penasaran di seluruh dunia.

Tentunya, IGTV tidak berfungsi untuk streaming melainkan menghadirkan fitur rangkaian video sepanjang 15 detik sampai 15 menit.

Bahkan, konten creator terpilih yang sudah diakui Instagram bisa mendapat kesempatan untuk upload video berdurasi sampai satu jam.

Bila tertarik, kamu hanya perlu update aplikasi Instagram. Setelahnya, akan muncul sebuah ikon televisi di kanan atas halaman depan akun, tepatnya di samping ikon pesawat kertas.

Klik ikon tersebut, lalu buat channel milikmu sendiri bila ingin upload video. Kemudian, kamu harus merekam video terlebih dulu sebelum kamu upload ke channel. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa upload video-video yang kamu simpan di smartphone yang sudah kamu rekam sebelum memiliki IGTV.

Memang bila diperhatikan fitur ini mirip dengan Instagram Stories dan kanal YouTube. 

Tentunya, IGTV akan sangat menarik bagi kamu yang berprofesi sebagai influencer, di mana kamu lebih leluasa mengekspresikan konten tanpa harus terburu-buru. 

2 dari 3 halaman

Bisa Instal Aplikasi Secara Mandiri

IGTV tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, tetapi juga aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Play Store.

Pada aplikasi IGTV terdapat menu Settings yang berisi pengaturan Switch Accounts, Linked Account, dan Log out.

Secara keseluruhan, tampilan IGTV terbilang sederhana. Pada laman utama IGTV, terdapat empat kelompok video yaitu For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

Sebagian besar video yang muncul di kolom For You dan Following, berasal dari akun-akun yang kalian ikuti di Instagram.

Sama seperti Instagram, kalian juga bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video IGTV kepada teman-teman melalui Direct.

Kalian juga bisa mencari IGTV miliki pengguna Instagram lain. Namun jika kalian mengikuti atau follow akun lain di IGTV, maka otomatis hal serupa juga akan terjadi di dalam Instagram.

Hal ini karena untuk bisa menggunakan IGTV, maka kalian harus punya akun Instagram terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Saingi YouTube

CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, aplikasi IGTV dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.

"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," kata Systrom.

Systrom juga menyebut, hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan.

Tidak hanya itu, IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Menurutnya, kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube.

Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya. Systrom berharap, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.

Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Peduli Lingkungan, Pria Ini Sadarkan Warganet Lewat Foto Sampah di Instagram
Artikel Selanjutnya
Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Boomerang dan Stories