Sukses

Ini 5 Daftar Paket Internet Rumah Terbaik, Mana yang Paling Murah?

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan internet saat ini tak dimungkiri sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Karenanya, penyedia layanan internet pun berlomba-lomba untuk menawarkan paket internet dengan harga terbaik.

Selain jaringan internet berbasis seluler (mobile broadband), ada pula jaringan internet berbasis fiber (fixed broadband). Keduanya hadir dengan keunggulan masing-masing dan disesuaikan dengan penggunaan.

Namun, untuk kali ini, tim Tekno Liputan6.com akan membahas mengenai layanan internet berbasis fiber. Menurut Sekjen Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Irwin Day, layanan fiber menawarkan akses internet lebih cepat dan stabil.

Karenanya, layanan semacam ini banyak tersedia di kawasan pemukiman. Penyedia layanan internet berbasis fiber sendiri kini sudah terbilang banyak dengan harga dan paket yang beragam.

Untuk membantu kamu yang ingin memulai berlangganan internet fiber, berikut ini ada daftar harga paket dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia.

Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan ketersedian di wilayah tempat tinggalmu. 

1. Indihome

Produk layanan dari Telkom Group ini tak hanya menawarkan layanan internet saja, tapi merupakan layanan terpadu dalam satu paket bernama triple play. Layanan ini termasuk telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif.

Tak hanya itu, IndiHome juga menawarkan sejumlah layanan tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Beberapa di antaranya adalah Telepon Mania, wifi.id seamless, TrenMicro Antivirus, atau kamera pengawasan online (IndiHome View).

Adapun untuk harga standar dari paket IndiHome adalah Rp 460.000 per bulan. Layanan ini terdiri dari internet dengan kecepatan hingga 10Mbps, gratis 1.000 menit telepon lokal, dan interlokal, termasuk layanan Usee TV.

Selain itu, pengguna juga dapat menonton Iflix sepuasnya, ditambah berlangganan Hooq selama 2 bulan, dan menonton Catchplay selama sebulan. Harga itu bertambah mahal sesuai dengan kecepatan internet yang dipilih.

Tak hanya itu, pengguna juga menawarkan sejumlah paket layanan lain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk daftar lebih lengkapnya, kamu dapat mengecek situs resmi IndiHome atau mengunjungi Plaza Telkom terdekat.

2 dari 3 halaman

2. Biznet

Sama seperti Indihome, Biznet juga menyediakan layanan internet fiber yang ditawarkan bersama layanan TV kabel. Dikutip dari situs resminya, layanan Biznet di beberapa daerah memang berbeda.

Paket paling murah untuk layanan internet dengan TV kabel dari Biznet adalah Rp 400 ribu per bulan. Harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali. Harga promo saat ini mulai Rp 280 ribu per bulan. 

Dalam paket ini, pengguna akan mendapatkan akses layanan internet dengan kecepatan hingga 30Mbps. Ada 41 kanal TV yang tersedia melalui layanan ini.

Pengguna juga mendapatkan akses Biznet Wifi dan Biznet Video secara gratis. Sama seperti IndiHome, paket akan semakin mahal seiring dengan kecepatan dan jumlah kanal TV yang dipilih.

3. First Media

First Media hadir dengan layanan lengkap yang memberikan akses internet dan juga TV kabel. Paket termurah dari First Media adalah Rp 299.000 per bulan.

Dengan biaya sebesar itu, pelanggan akan mendapatkan akses internet dengan kecepatan hingga 12Mbps ditambah TV kabel mencapai 38 kanal berkualitas HD.

Tak lupa, pengguna juga akan mendapatkan akses FirstMediaX untuk mengakses lebih dari 100 kanal TV secara mobile. Pengguna juga dapat menambah layanan tambahan, mulai dari kecepatan internet yang ditingkatkan hingga kanal TV kabel yang diperbanyak.

3 dari 3 halaman

4. My Republic

Penyedia layanan internet yang identik dengan warna ungu ini menawarkan sejumlah paket yang dapat dipilih oleh para pelanggannya. Paket yang ditawarkan My Republic mulai dari Rp 379.000 per bulan.

Pengguna yang berlangganan akan mendapatkan akses internet hingga 50Mbps untuk download dan 25Mbps untuk upload. Tak lupa, ada paket TV kabel yang berisi kanal TV kenamaan.

Sebagai tambahan, pengguna dapat bit torrent tanpa batas. Tak hanya itu, penyedia layanan dari Sinar Mas ini menjanjikan pengalaman kecepatan maksimal saat melakukan streaming video.

5. CBN

Serupa dengan penyedia layanan lain, CBN turut menawarkan internet dan TV kabel bagi para pelanggan. CBN menawarkan biaya berlangganan Rp 299.000 sebagai paket paling murah.

Pengguna akan mendapatkan internet dengan kecepatan hingga 15Mbps. Tak hanya itu, CBN juga menjanjikan kecepatan upload dan download yang sama.

Ada pula akses TV kabel yang terdiri dari sejumlah kanal TV kenamanan, baik lokal maupun internasional. Sebagai tambahan, pengguna akan mendapatkan kapasitas CBN mail hingga 5GB.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

PUBG Disebut Tingkatkan Produktivitas Kerja Tim

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jelang Asian Games 2018, Kecepatan Internet Digeber hingga 960 Mbps
Artikel Selanjutnya
Meski Lebih Efisien, Tak Semua Aplikasi Cocok Pakai Blockchain