Sukses

Apple Tak Bakal Pamer Perangkat Anyar di WWDC 2018?

Dalam gelaran WWDC 2018, Apple disebut akan lebih fokus untuk menghadirkan informasi tentang software terbaru, termasuk soal iOS 12.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) menjadi salah satu acara yang dinantikan para Apple fanboy (sebutan para pengguna garis keras perangkat Apple). Alasannya, perusahaan selalu memanfaatkan gelaran ini untuk mengungkapkan produk terbaru.

Namun, menurut rumor saat ini, Apple tak akan mengumumkan perangkat baru di ajang tersebut. Seorang sumber yang mengetahui tentang acara itu menyebut WWDC 2018 akan lebih fokus ke pengumuman soal software.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (3/6/2018), perusahaan akan mengumumkan iOS 12 pada acara tersebut. Salah satu fitur baru dari sistem operasi tersebut adalah Digital Health Initiative.

Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengetahui durasi saat memakai perangkat, termasuk ketika mengakses sebuah aplikasi. Informasi ini nantinya dapat diakses dari menu 'Settings'.

Tak hanya itu, Apple juga akan mengumumkan keberadaan ARKit 2.0 yang dikembangkan oleh internal perusahaan. Fitur ini memungkinkan pengguna memainkan gim AR dengan lawan dalam satu lingkungan virtual yang sama.

Peningkatan untuk kemampuan video call dan mengirimkan Animoji juga hadir di sistem operasi anyar ini. Layar utama dari iOS 12 juga disebut akan mengalami perubahan.

Tren kecerdasan buatan yang dibenamkan di sistem operasi juga dipilih Apple untuk iOS 12. Teknologi kecerdasan buatan ini disematkan dalam aplikasi Photos di iOS.

Apple menyebut sistem operasi ini menawarkan kualitas dan respon yang lebih cepat sebagai kunci utama. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari perusahaan saat WWDC 2018 digelar sebentar lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Bakal Ungkap Fitur dan Suara Baru Siri di WWDC 2018

Selain iOS 12, Apple juga disebut akan fokus pada pengumuman terbaru soal Siri. Asisten virtual itu bahkan disebut akan menjadi bintang dalam gelaran WWDC tahun ini.

Perkiraan Siri sebagai salah satu bintang di WWDC bukan tanpa alasan. Mengingat Siri belakangan ini sangat jarang mendapatkan pembaruan besar, sehingga Apple diperkirakan akan mengumumkan suara dan berbagai fitur baru untuk layanan tersebut.

Kehadiran suara baru Siri ini diketahui dari respons layanan itu ketika ditanya tentang apa yang akan ada di WWDC 2018. "La la la, Siri is getting a brand new voice," demikian respons yang sempat diberikan oleh Siri.

Microsoft, Google dan Amazon berinvestasi dengan cukup agresif untuk asisten virtual mereka, sedangkan Apple tidak begitu sering merilis pembaruan besar-besaran untuk Siri. Hal ini membuat Siri tertinggal dari para kompetitornya.

Microsoft, misalnya, berusaha menghadirkan Cortana ke semua platform, khususnya setelah Windows 10 Mobile pensiun. Bahkan, asisten digital tersebut kini juga sudah bisa dipasang pada iPhone.

Melihat strategi para rivalnya, Apple disebut akan memberikan serangkaian fitur baru untuk Siri agar bisa mengejar ketertinggalan. Namun, sejauh ini belum ada rincian informasi tentang hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Apple Sebar Undangan WWDC 2018

Sekadar informasi, undangan mengenai gelaran WWDC 2018 sebenarnya sudah disebar Apple pada Maret 2018.

WWDC 2018 akan digelar mulai 4 hingga 8 Juni di McEnery Convention Center, California, Amerika Serikat. Perusahaan sudah membuka pendaftaran bagi pengembang yang tertarik mengikuti gelaran tersebut.

Kendati demikian, tak semua pendaftar dapat mengikuti gelaran ini. Apple dilaporkan akan mengacak pendaftar yang dapat menghadiri acara tersebut.

Pendaftar yang terpilih nantinya diharuskan membayar US$ 1.599 atau sekitar Rp 21 juta. Pendaftaran untuk pengembang ini akan dibuka mulai 22 Maret 2018 pukul 10 pagi waktu Amerika Serikat.

Namun, sebagai catatan, peserta yang ingin melakukan registrasi untuk WWDC 2018 diharuskan sudah menjadi anggota Apple Developer Program atau Apple Developer Enterprise Program.

Pengumuman resmi ini sekaligus memastikan rumor yang berkembang sebelumnya. Menurut sumber anonim, ajang tahun ini memang akan diadakan awal Juni 2018.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.