Sukses

Fitur Baru Meluncur, Kualitas Kamera Nokia 8 Makin Ciamik

Liputan6.com, Jakarta - Hadir sebagai salah satu smartphone premium dari HMD Global, Nokia 8 kerap belum dapat disejajarkan dengan sejumlah kompetitornya di kelas yang sama. Salah satu alasannya adalah kamera yang dianggap belum mumpuni.

HMD Global sendiri menyadari hal tersebut dan berjanji akan merilis pembaruan untuk fitur kamera di smartphone ini. Janji tersebut ternyata ditepati, perusahaan akhirnya menggulirkan pembaruan untuk mendukung kemampuan kamera di Nokia 8.

Kepastian kehadiran aplikasi kamera anyar ini keluar langsung dari CPO HMD Global Juho Sarvikas melalui Twitter.

Ia memastikan pembaruan modus Pro Camera sudah tersedia melalui update dan rilis untuk pengguna Nokia 8 di seluruh dunia.

"Kontrol tiap foto (yang diambil). Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa modus Pro Camera sudah tersedia untuk Nokia!", tulisnya. Namun perlu diingat, kemungkinan besar pembaruan ini akan rilis secara bertahap di tiap-tiap wilayah.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (4/6/2018), pembaruan ini akan berukuran 600MB. Karena itu, tak hanya membawa modus Pro Camera, pembaruan ini juga menghadirkan peningkatan kemampuan di sistem.

Sebelumnya, CPO HMD Global Juho Sarvikas melalui Twitter memang telah mengungkapkan pihaknya berencana merilis aplikasi Pro Camera untuk Nokia 8. Meski sempat membutuhkan waktu lebih lama, aplikasi ini dipastikan akan hadir.

2 dari 3 halaman

Janji HMD Global Soal Kamera Nokia 8

"Kami perlu merombak seluruh kerangka kerja pencitraan. Kami telah mengerjakannya selama berbulan-bulan. Memang butuh waktu lama dari yang diperkirakan, tapi sekarang sudah terlihat bagus. Kami akan memperbaruinya segera," tulisnya ketika itu.

Sekadar informasi, langkah pembaruan ini sebenarnya sudah diungkapkan oleh Sarvikas sejak November tahun lalu. Ia menuturkan, pembaruan kamera ini akan rilis untuk seluruh smartphone Nokia.

Sarvikas juga mengisyaratkan pembaruan ini akan mencakup banyak fitur yang membuat Lumia Camera dapat diandalkan. Fitur ini juga disebut merupakan bagian dari paten desain Lumia Camera UI.

Untuk informasi, HMD Global memang disebut telah membeli tampilan kamera Nokia dari Microsoft. Pembelian itu dilakukan bersama dengan sekitar 500 paten lain, hasil dari akusisi Microsoft terhadap Divisi Nokia Devices and Services.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 8

Nokia 8 dibekali Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Adapun spesifikasi itu juga didukung dengan layar beresolusi Ultra HD berukuran 5,3 inci.

Sementara untuk software, Nokia 8 sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meski melakukan sejumlah kustomisasi pada tampilan software, HMD memastikan pengalaman menggunakan perangkat ini tak ubahnya Android stock.

Untuk urusan pengambilan gambar, perangkat ini mengandalkan kamera utama dengan lensa ganda. Keduanya memiliki resolusi 13MP dengan satu lensa berfungsi untuk menangkap warna dan satunya untuk hitam putih.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera utama beresolusi 13MP. Baik kamera depan dan kamera utama Nokia 8 menggunakan lensa Zeiss dan sudah mendukung perekam video 4K.

HMD Global juga membekali kamera perangkat ini dengan fitur yang diberi nama bothie. Fitur ini memungkinkan kamera depan dan kamera utama bekerja sekaligus untuk menangkap gambar.

Smartphone yang memiliki desain unibody dan pemindai sidik jari di bagian depan ini memiliki baterai berkapasitas 3.090 mAh dengan sertifikasi splashproof.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Rilis Smart TV 4K 55 Inci, Cuma Rp 4 Jutaan
Artikel Selanjutnya
16 Tim Esports Siap Tanding di Grand Final PUBG Mobile Pro League 2020