Sukses

Nokia 8 Akhirnya Cicipi Android Oreo 8.1

Liputan6.com, Jakarta - Nokia 8 akhirnya dipastikan mendapat pembaruan ke Android 8.1 Oreo. Pembaruan ini tiba kurang dari sebulan setelah perusahaan menggelar program 8.1 beta.

Untuk informasi, Nokia 8 sendiri sudah mendapatkan pembaruan ke Android Oreo pada akhir tahun lalu. Diktuip dari Android Autorithy, Rabu (14/2/2018), pembaruan ini menjadikan Nokia 8 sebagai perangkat non-Google pertama yang memperoleh Android 8.1.

Berdasarkan unggahan dari screenshot yang beredar, pembaruan ini hadir dengan build number V4.84A. Adapun unduhan update untuk Nokia 8 ini berukuran sekitar 1,5GB.

Pada dasarnya, tak ada perubahan mendasar dari pembaruan ini. Namun, tetap ada beberapa peningkatan yang dibenamkan dalam Android Oreo versi terbaru ini.

Beberapa di antaranya adalah menu 'setting' yang baru, persentase baterai bluetooth, termasuk tombol navigasi untuk 'battery saving'. Tak lupa, ada pembaruan keamanan Android untuk bulan Februari 2018.

Sama seperti pembaruan sebelumnya, HMD Global menggulirkan pembaruan ini secara bertahap. Jadi, ada kemungkinan tak seluruh pengguna Nokia 8 langsung mendapatkan Android 8.1 Oreo ini secara bersamaan.

1 dari 3 halaman

Nokia 8 Rilis di Indonesia

HMD Global sendiri telah resmi memboyong Nokia 8 ke Indonesia. Perusahaan asal Finlandia itu membanderol Nokia 8 untuk pasar Tanah Air dengan harga mengejutkan. 

Dalam artian, Nokia 8 dilepas dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 6.499.000 melalui jaringan distribusi PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Sentra Prima Distribusi.

Namun, sebelum tersedia di pasar yang lebih luas, ada penawaran khusus yang disediakan melalui kanal pembelian Lazada.

Lewat kanal pembelian online itu, akan ada flash sale Nokia 8 untuk 200 pelanggan pertama dengan harga Rp 5.999.000 pada 15 Februari 2018 pukul 11.00. Ada pula penawaran khusus di Lazada yang digelar pada 15 hingga 28 Februari 2018.

Harga ini jauh lebih rendah dari perkiraan saat smartphone ini pertama kali meluncur. Sekadar informasi, saat memulai debutnya, smartphone ini dipatok sekitar Rp 9,3 juta. 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 8

Nokia 8 dibekali Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Adapun spesifikasi itu juga didukung dengan layar beresolusi Ultra HD berukuran 5,3 inci.

Sementara untuk software, Nokia 8 sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meski melakukan sejumlah kustomisasi pada tampilan software, HMD memastikan pengalaman menggunakan perangkat ini tak ubahnya Android stock.

Untuk urusan pengambilan gambar, perangkat ini mengandalkan kamera utama dengan lensa ganda. Keduanya memiliki resolusi 13MP dengan satu lensa berfungsi untuk menangkap warna dan satunya untuk hitam putih. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera utama beresolusi 13MP.

Baik kamera depan dan kamera utama Nokia 8 menggunakan lensa Zeiss dan sudah mendukung perekam video 4K. HMD Global juga membekali kamera perangkat ini dengan fitur yang diberi nama bothie, fitur yang memungkinkan kamera depan dan kamera utama bekerja bersamaan. 

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Lengkap Nokia X6 yang Baru Meluncur
Artikel Selanjutnya
Nokia X6 Ludes Terjual dalam 10 Detik