Sukses

Xiaomi Resmi Luncurkan Mi 8 SE, Smartphone Perdana dengan Snapdragon 710

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya mengungkap smartphone anyar dalam gelaran yang diadakan di Tiongkok hari. Sama seperti rumor yang beredar sebelumnya, Xiaomi merilis Mi 8 dalam ajang kali ini.

Bersama dengan Mi 8, Xiaomi juga merilis dua model smartphone lain, yakni Mi 8 Explorer Edition dan Mi 8 SE. Untuk model yang disebut terakhir, smartphone ini menarik perhatian karena hadir sebagai perangkat kelas menengah.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari Android Central, Kamis (31/5/2018), Mi 8 SE menjadi smartphone perdana yang menggunakan Snapdragon 710. Sekadar informasi, Snapdragon 710 merupakan chipset kelas menengah pertama dari seri 7 milik Qualcomm.

Chipset ini menawarkan performa khas perangkat flagship, tapi dengan kisaran harga lebih terjangkau. Sebagai catatan, chipset ini juga sudah mendukung kemampuan kecerdasan buatan seperti Snapdragon 845.

Untuk Xiaomi Mi 8 SE sendiri, perangkat ini memiliki layar AMOLED dengan bentang layar 5,88 inci. Sama seperti smartphone kekinian lain, perangkat ini tampil dengan desain bezeless dan memiliki notch atau poni di atas layar.

Kemampuan fotografi smartphone ini didukung dengan lensa ganda di kamera utama yang masing-masing beresolusi 12MP dan 5MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 20MP.

Seluruh perangkat anyar yang diperkenalkan Xiaomi kali ini sudah menjalankan MIUI 10 berbasis Android 8.0 Oreo. Sebagai penunjang performa, Mi 8 SE dibekali dengan baterai berkapasitas 3.120mAh.

Rencananya, Xiaomi akan menjual perangkat ini di Tiongkok bulan depan dengan harga 1.799 yuan atau sekitar Rp 3,9 juta untuk varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Sementara varian dengan RAM 6GB dan ROM 64GB dibanderol 1.999 yuan atau sekitar Rp 4,3 juta.

 

2 dari 3 halaman

Mi 8, Smartphone Pertama Xiaomi yang Pakai Notch Resmi Dirilis

Setelah dinanti-nanti, Xiaomi akhirnya mengumumkan flagship smartphone-nya, Mi 8. Mi 8 menjadi smartphone pertama Xiaomi yang pada layarnya terdapat notch.

Mengutip The Verge, Kamis (31/5/2018), Mi 8 hadir dengan layar OLED seluas 6,21 inci dari Samsung. Notch smartphone ini cukup besar dan di dalamnya terdapat kamera selfie 20MP.

Bodi smartphone ini hadir dengan panel belakang lengkung dan sebuah frame aluminium.

Soal dapur pacu, Mi 8 dibekali prosesor Snapdragon 845. Kemudian, dari segi fotografi, Mi 8 dibekali kamera utama dengan lensa ganda 12MP yang mendapat skor 105 pada DxOMark.

Xiaomi juga menyebut, ini merupakan smartphone pertama perusahaan yang didukung GPD dual frekuensi sehingga mampu menampilkan data lokasi yang lebih akurat.

3 dari 3 halaman

Mi 8 Explorer Edition

Selain Mi 8, Xiaomi juga memperkenalkan smartphone bernama Mi 8 Explorer Edition. Khusus tipe ini, terdapat sensor sidik jari di layar yang menggunakan sensitivitas tekanan untuk membuka kunci sidik jari.

Xiaomi juga mengklaim Mi 8 Explorer Edition merupakan smartphone Android pertama di dunia yang didukung dengan teknologi 3D face recognition. Teknologi ini mirip dengan teknologi Face ID milik iPhone X.

Tidak hanya itu, Mi 8 Explorer Edition juga didukung dengan fitur emoji yang mirip dengan Animoji.

Uniknya lagi, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan panel bodi belakang transparan yang membuatnya jadi makin keren.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ngeri, Pertarungan Hebat Dua Komodo di Pulau Rinca

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mi 8, Smartphone Pertama Xiaomi yang Pakai Notch Resmi Dirilis
Artikel Selanjutnya
Bos Xiaomi Umbar Hasil Jepretan Kamera Mi 8