Sukses

Pengguna Xiaomi Kini Bisa Jajal MIUI 10, Begini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi siap meluncurkan antarmuka MIUI generasi terbaru sebentar lagi. Menurut rencana, MIUI 10 ini akan hadir bersama dengan smartphone Mi 8 pada 31 Mei 2018.

Terkini, Xiaomi dilaporkan sudah membuka pendaftaran bagi pengguna yang ingin lebih dulu menjajal sistem operasi ini. Dikutip dari GSM Arena, Minggu (27/5/2018), pembukaan pendaftaran dilakukan hingga 25 Mei 2018.

Nantinya, pengguna yang mendaftar akan langsung dapat menjajal versi terbaru dari MIUI ini setelah resmi meluncur.

Namun, perlu diingat, karena MIUI 10 ini masih tahap beta, ada kemungkinan Xiaomi masih melakukan sejumlah perubahan dan pengembangan lebih lanjut.

Kepastian mengenai peluncuran MIUI 10 ini diumumkan langsung oleh Xioami melalui akun resminya di Weibo.

Pada gambar yang diunggah, terdapat tulisan yang menyatakan MIUI 10 akan diperlihatkan ke publik pada 31 Maret di Shenzhen, Tiongkok.

Di bawah tulisan MIUI 10 pada gambar itu, terdapat penjelasan dalam bahasa Mandarin yang jika diartikan adalah "Saya akan lebih cepat daripada kilat."

Tulisan ini hampir serupa saat Xiaomi mengonfirmasi kehadiran Mi 8 dengan tulisan, "Saya Mi 8 akan lebih cepat daripada sebelumnya."

Sayangnya, Xiaomi hanya memberikan konfirmasi tentang kehadiran Mi 8 dan MIUI 10. Perusahaan tidak menyertakan informasi tentang fitur-fitur baru yang akan ada di kedua produk tersebut.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Resmi Umumkan Kehadiran MIUI 10

Kehadiran MIUI 10 sendiri sudah terungkap sejak awal tahun ini. Adalah VP Xiaomi sekaligus kepala divisi MIUI, Hong Feng, telah mengumumkan pengembangan MIUI 10 dalam sebuah gelaran tahunan MIUI di Tiongkok.

Ia menyebut perusahaan akan fokus untuk membenamkan kecerdasan buatan dan machine learning di versi terbaru MIUI ini. Sekadar informasi, MIUI 9 lebih berfokus menghadirkan pengalaman yang stabil, mulus, dan baterai yang lebih baik.

Salah satu tujuan Xiaomi dari pengembangan ini adalah mempersempit jarak dari manufaktur lain, seperti Apple, Google, dan Huawei. Kabar kehadiran ini sebenarnya sudah diungkap oleh VP MIUI Software, Longzhong.

Dari sesi tanya jawab live streaming melalui Mi Live, Huang mengkonfirmasi bahwa MIUI generasi berikutnya, yakni MIUI 10 atau MIUI X akan dirilis Xiaomi pada 2018.

Huang mengungkapkan, pengembangan MIUI berikutnya telah dimulai dan namanya masih tentatif antara MIUI 10 atau MIUI X. Vice President Xiaomi itu juga berinteraksi dengan Mi Fans dan menanyakan pendapat terkait fitur MIUI 10.

Tentunya kehadiran MIUI 10 bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat Xiaomi sudah merilis ROM MIUI 9 versi stabil. Saat ini lebih dari 27 perangkat seri Mi dan Redmi telah menerima pembaruan MIUI 9.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Mulai Gulirkan MIUI 9.5 untuk 30 Model Smartphone

Sebelumnya, Xiaomi juga  mengonfirmasi 30 di antaranya akan mendapatkan pembaruan ke MIUI 9.5 Global Stable.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (22/3/2018), MIUI 9.5 akan hadir dengan sejumlah pembaruan, seperti notifikasi yang tampil baru dan ada pula fitur Quick Reply. MIUI 9.5 sendiri masih berbasis pada Android 7.0 Nougat dengan kustomisasi khas Xiaomi.

Bersamaan dengan MIUI 9.5, Xiaomi juga menggulirkan pembaruan keamanan untuk Februari. Pembaruan ini juga hadir dengan ringtoneslock soundunlock sound, dan charging sound anyar.

Jadi, pembaruan ini pada dasarnya lebih fokus pada proses penyempurnaan interaksi untuk notifikasi. Karena itu, tak ada perubahan besar-besaran dari sisi tampilan di MIUI 9.5 ini.

Xiaomi membagi pembaruan MIUI 9.5 secara bertahap untuk setiap model. Rencananya, proses pengguliran akan dilakukan akhir Maret hingga pertengahan April. Berikut ini adalah daftar smartphone yang mendapatkan pembaruan ke sistem operasi tersebut.

Akhir Maret : Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 4 Qualcomm/Redmi Note 4X, Mi Max, Mi Max Prime, Redmi 3S, Redmi 4 Prime, Redmi 4A and Redmi Note 4 MTK.

Awal April :Redmi Note 5A Prime/Redmi Y1, Redmi Note 5A/Redmi Y1 Lite, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Redmi 5, Mi Max 2, Mi 5, Redmi 4X, Mi 6 and Mi MIX 2.

Pertengahan April : Mi Note 2, Mi 5s, Mi MIX, Mi Note 3, Mi 5s Plus, Redmi Note 2, Redmi 3, Redmi 4, Mi 3, Mi 4.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Beredar Rekaman Pria Aniaya Difabel

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Xiaomi MIUI 10 Melenggang 31 Mei 2018