Sukses

Xiaomi Resmi Umumkan Kehadiran MIUI 10

Liputan6.com, Jakarta - Tak butuh waktu lama bagi Xiaomi untuk mengumumkan keberadaan versi terbaru MIUI. Sebab, perusahaan asal Tiongkok itu telah resmi mengungkapkan akan memulai pengembangan MIUI 10.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (25/1/2018), VP Xiaomi sekaligus kepala divisi MIUI, Hong Feng, telah mengumumkan pengembangan MIUI dalam sebuah gelaran tahunan MIUI di Tiongkok.

Dalam acara itu, ia menyebut perusahaan akan fokus untuk membenamkan kecerdasan buatan dan machine learning di versi terbaru MIUI ini. Sekadar informasi, MIUI 9 lebih berfokus menghadirkan pengalaman yang stabil, mulus, dan baterai yang lebih baik.

Salah satu tujuan Xiaomi dari pengembangan ini adalah mempersempit jarak dari manufaktur lain, seperti Apple, Google, dan Huawei. Kabar kehadiran ini sebenarnya sudah diungkap oleh VP MIUI Software, Longzhong.

Dari sesi tanya jawab live streaming melalui Mi Live, Huang mengkonfirmasi bahwa MIUI generasi berikutnya, yakni MIUI 10 atau MIUI X akan dirilis Xiaomi pada 2018.

Huang mengungkapkan, pengembangan MIUI berikutnya telah dimulai dan namanya masih tentatif antara MIUI 10 atau MIUI X. Vice President Xiaomi itu juga berinteraksi dengan Mi Fans dan menanyakan pendapat terkait fitur MIUI 10.

Tentunya kehadiran MIUI 10 bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat Xiaomi sudah merilis ROM MIUI 9 versi stabil. Saat ini lebih dari 27 perangkat seri Mi dan Redmi telah menerima pembaruan MIUI 9.

Huang juga mengatakan pada Mi Fans yang menonton live streaming, pengembang MIUI kini bersiap untuk mendorong pembaruan MIUI ke batch ketiga untuk perangkat-perangkat Xiaomi yang belum kebagian update MIUI 9.

1 dari 3 halaman

Menjajal MiUI 9 di Mi 6

Sekadar diketahui, Agustus lalu, Xiaomi menghadirkan update antarmuka MiUI 9 untuk beberapa perangkat, salah satunya adalah MiUI 9. 

Tekno Liputan6.com kemudian menjajal pengalaman memakai tampilan antarmuka baru besutan Xiaomi ini. Dalam ulasan kali ini, kami menggunakan Mi 6 yang sebelumnya menjalankan MIUI 8 Global beta.

Bagi kamu pengguna versi MIUI versi beta, pembaruan ini dapat diunduh secara langsung melalui sistem over-the-air (OTA). Sementara pengguna MIUI versi stable perlu melakukan pembaruan dengan metode flashboot

Selama penggunaan dengan sistem anyar ini, kami merasakan pengalaman yang terbilang cukup meningkat. Meski masih berstatus beta, transisi antar-aplikasi ternyata dilakukan dengan cepat.

Tak hanya dari sisi performa, MIUI 9 hadir dengan tampilan ikon dan wallpaper baru. Namun selain ikon anyar, tak ada perubahan berarti yang ditawarkan Xiaomi dari sisi tampilan.

2 dari 3 halaman

Berbasis Android 7.0 Nougat

MIUI 9 sendiri sudah berbasis Android 7.0 Nougat. Salah satu fitur yang langsung kami coba adalah split screen. Fitur ini memang baru pertama kali hadir di perangkat Xioami lewat MIUI 9.

Berdasarkan pengalaman, fitur ini dapat berjalan lancar dan cukup mudah diaktifkan. Sayangnya, fitur anyar lain seperti Smart Assistant dan Smart App Launcher belum tersedia di versi global ini.

Beberapa pembaruan di MIUI 9 adalah deep level optimization, ikon dan animasi baru, pengaturan layar Home yang lebih sederhana, split screen, serta peningkatan kemampuan baca di laman Messaging. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Beli Xiaomi Bisa Lewat Shopee, Asik!
Artikel Selanjutnya
MiUI 9 Hadirkan Game Booster, Seperti Apa?