Sukses

Spesifikasi Lengkap Nokia X6 yang Baru Meluncur

Liputan6.com, Jakarta - Nokia X6 akhirnya resmi diperkenalkan HMD Global dalam sebuah gelaran yang diadakan di Tiongkok. Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, smartphone ini hadir sebagai perangkat kelas menengah.

Meski tampil sebagai perangkat kelas menengah, smartphone ini memiliki desain yang terbilang premium. Alasannya, bodi perangkat ini dibalut kaca, sedangkan sisinya berbingkai metal.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (22/5/2018), Nokia X6 menjadi smartphone pertama HMD Global dengan notch atau poni di bagian atas layar. Perangkat ini memiliki layar berukuran 5,8 inci berbalut Corning Gorilla Glass 3 dengan aspek rasio 19:9.

Untuk spesifikasi, Nokia X6 dibekali Snapdragon 636 dengan dua varian RAM dan memori. Varian pertama memiliki konfigurasi 4GB dengan ROM 3GB, sedangkan varian lain hadir dengan RAM 6GB dan ROM 64GB.

Memiliki baterai berkapasitas 3.060mAh, smartphone ini sudah mendukung fitur pengisian daya cepat. Nokia X6 menjalankan Android 8.1 Oreo dan dipastikan akan mendapat pembaruan ke Android P.

Urusan fotografi, perangkat ini memiliki kamera depan beresolusi 16MP dengan aperture f/2.0. Sementara kamera utamanya memilki lensa ganda yang masing-masing beresolusi 16MP dan 5MP.

Smartphone ini sudah dapat dibeli di Tiongkok sejak 21 Mei 2018. Namun, belum dapat dipastikan kapan perangkat ini akan meluncur untuk pasar global.

Nokia X6 tersedia dalam tiga tiga pilihan warna, yakni blue, black, dan silver. Smartphone ini dibanderol dengan harga mulai 1.299 yuan (Rp 2,8 juta), 1.499 yuan (Rp 3,3 juta), hingga 1.699 yuan (Rp 3,7 juta).

2 dari 3 halaman

Nokia X6 Ludes Terjual dalam 10 Detik

Sejak meluncur pada 21 Mei 2018, sambutan terhadap smartphone ini ternyata sangat positif. Dilansir GSM Arena, Nokia X6 dilaporkan telah habis terjual hanya dalam waktu 10 detik. 

Karenanya, HMD Global berusaha keras agar bisa memenuhi kembali persediaan produknya. Informasi mengenai penjualan Nokia X6 ini disampaikan melalui akun resmi Nokia Mobile China di media sosial Tiongkok, Weibo.

Gelombang kedua penjualan Nokia X6 akan dibuka pada 30 Mei 2018. Sayangnya, belum ada informasi tentang angka penjualan tahap pertama Nokia X6.

Adapun saat ini, Nokia X6 baru dijual di pasar Tiongkok. Namun, setelah melakukan pertimbangan, perusahaan disebut telah memutuskan menjual Nokia X6 ke berbagai negara lain.

Sebelum memutuskan penjualan Nokia X6 di luar Tiongkok, Chief Product Officer HMD, Juho Sarvikas, menggelar jajak pendapat di Twitter.

Ia meminta pendapat pengguna Twitter untuk memilih, apakah Nokia 6X sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lainnya atau tidak. Saat berita ini ditulis, 92 persen dari 8.527 suara menilai Nokia X6 sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lain juga.

Satu hari setelah jajak pendapat itu, Sarvikas menulis di akun Twitter miliknya, "Terima kasih semua! Hasil telah ditentukan." Pernyataan ini pun dinilai menggambarkan keputusan HMD untuk merilis Nokia X di luar Tiongkok.

3 dari 3 halaman

Setelah Nokia X6, HMD Juga Bakal Rilis X5 dan X7?

Selain X6, HMD juga disebutkan memiliki dua seri X lain, yang seharusnya ditargetkan untuk pasar global. Dilansir Phone Arena, Senin (21/5/2018), smartphone Andorid lain yang sedang disiapkan HMD adalah Nokia X5 dan X7.

Menurut laporan, kedua smartphone kemungkinan diumumkan pada akhir tahun ini. Sayangnya, belum ada informasi tentang spesifikasi keduanya sejauh ini. 

Oleh sebab itu, belum bisa dipastikan apakah keduanya juga akan memiliki desain notch seperti Nokia X6.

Kendati demikian, spesifikasi Nokia X5 kemungkinan bakal berada di bawah Nokia X6 jika merujuk pada namanya. Sementara Nokia X7 memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada Nokia X6.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ludes Terjual dalam 10 Detik, Ini Harga Nokia X6
Artikel Selanjutnya
Nokia X6 Ludes Terjual dalam 10 Detik