Sukses

6 Tips Belanja Online Saat Ramadan

Belanja online bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan. Ikuti tips berikut agar belanja online kian hemat dan cermat.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan baru saja dimulai, namun sejumlah layanan e-commerce telah banyak menawarkan promo menarik untuk pecinta belanja online.

Kendati begitu, masyarakat tentu perlu bijak dan cermat untuk mendapatkan barang-barang dengan harga terbaik.

Nah, berikut adalah sejumlah tips belanja online selama Ramadan dari Shopback Indonesia.

1. Pilihan Toko yang Terautorisasi

Salah satu hal yang ditakutkan saat belanja online adalah penipuan. Untuk itu, pebelanja online harus berhati-hati, dalam hal ini tentunya perlu ketelitian memilih toko yang ada di platform marketplace.

Jangan takut karena platform marketplace biasanya memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi (terpercaya) dan mana yang belum.

2. Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk

Untuk kamu yang masih ragu saat toko online mendapatkan tanda autorisasi, kamu bisa menyempatkan diri untuk membaca ulasan produk dari pelanggan sebelumnya.

Nah, dari ulasan tersebut kamu bisa memerkirakan kualitas dari barang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online

Marketplace biasanya memberikan newsletter ke email, namun sebagian orang tampaknya tak suka jika inbox mereka penuh dengan newsletter dari marketplace yang kadang tidak sesuai dengan ketertarikan.

Untuk kasus seperti ini, tidak ada salahnya mengaktifkan push notification aplikasi belanja online yang kamu miliki.

Push notification bisa berfungsi sebagai pengingat, jadi kamu tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-commerce.

4. Bijak Sesuai Kebutuhan

Promo dan diskon memang hadir untuk memikat konsumen agar selalu berbelanja di sebuah platform e-commerce.

Namun, menurut data Accenture, hampir tiga perempat pebelanja online di Indonesia mengaku bahwa harga produk yang murah serta diskon ternyata justru memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Apalagi saat Ramadan seperti ini, banyak platform belanja online memberikan diskon. Konsumen sebaiknya tidak mudah terbuai dengan promo dan diskon hingga 90 persen ini.

Konsumen perlu cermat memilih platform mana yang memberi harga terbaik dengan membandingkan harga produk di tiap platform, misalnya dengan aplikasi Shopback.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, Shopback mengarahkan pengguna tentang promo terbaik di setiap mitra e-commerce.

"Kami membuat masyarakat berhemat dan sekaligus menabung saat belanja online, tentunya dengan adanya cashback. Aggregator e-commerce seperti Shopback membantu masyarakat dalam menemukan promo serta diskon menarik dari platform e-commerce, yang sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Indra.

3 dari 3 halaman

5. Manfaatkan Jam Ngabuburit dan Sahur

Studi Shopback menyebut, masyarakat Indonesia banyak berkunjung ke e-commerce pukul 16.00 -17.00. Jam ini merupakan saat di mana masyarakat menunggu buka puasa.

Pada saat ini pula, pelaku e-commerce banyak memberi promo.

Begitu juga dengan waktu sahur, yang dimanfaatkan e-commerce untuk menawarkan promo. 

Untuk itu, jika ingin mendapatkan promosi di e-commerce, kamu bisa memanfaatkan baik jam menunggu berbuka (ngabuburit) atau saat sahur. 

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Untuk mempermudah transaksi konsumen, biasanya platform e-commerce memberi beragam pilihan metode pembayaran, misalnya lewat kerja sama dengan perbankan hingga program cicilan kartu kredit.

Ada juga pelaku e-commerce yang menawarkan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

Nah, metode pembayaran apapun yang kamu pilih, pastikan untuk memperhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yang dimiliki.

Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, kamu bisa memilih metode pembayaran di tempat atau cash on delivery (COD).

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.