Sukses

Mau Mobil dan Galaxy S9? Yuk, Ikut Buka yang Baik di Bukalapak

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadan 1439 H, Bukalapak mengajak para penggemar belanja online untuk ikut program "Buka yang Baik". Program ini menawarkan hadiah menarik untuk para pemenang.

Berdasarkan rilis resmi Bukalapak yang dikutip pada Kamis (10/5/2018), program ini menghadirkan serangkaian promo menggunakan kode voucher "BUKAYANGBAIK" untuk mendapat cashback 20 persen dari minimal Rp 150 ribu dan kode "MAKINBAIK" untuk cashback 5 persen dari minimum transaksi Rp 500 ribu.

Kedua promo tersebut berlangsung pada 55 hari, dimulai dari 7 Mei sampai 30 Juni 2018.

Beragam hadiah menarik juga sudah menanti untuk Top Spender Bukalapak, seperti Mitsubishi Xpander Sport A/T 2018, 10 unit Samsung Galaxy S9, dan 100 voucher Bukalapak senilai Rp 1 juta.

“Kami ingin bulan Ramadan ini menjadi momen yang istimewa untuk menularkan kebaikan ke sesama, sehingga momen berbuat baik ini perlu didukung. Untuk itu dengan adanya rangkaian kegiatan "Buka yang Baik" ini, Bukalapak berharap kebaikan dapat selalu diteruskan tidak hanya saat Ramadan tapi juga di kehidupan sehari-hari,” ucap Ari K. Wibowo, Associate Vice President of Brand Bukalapak.

Pemenang akan diumumkan pada 13 Juli 2018 melalui akun sosial media resmi Bukalapak.

Bukalapak juga akan menambah keistimewaan bulan Ramadan dengan mengajak pelapak di Komunitas Bukalapak di daerah-daerah untuk menggelar berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan-kegiatan tersebut akan diadakan bersama warga di panti asuhan dan lapas, serta berbagai kopdar sebagai ajang memperat silaturahmi di antara para pelapak.

2 dari 3 halaman

Mengenal Istilah-istilah Gaul di Bukalapak

Di sisi lain, komunitas Bukalapak dikenal tidak kaku, karena platform ini mengedepankan kekuatan komunitas di antara para pelapak (pedagang di Bukalapak). Karenanya, muncul istilah-istilah gaul di antara pelapak.

Contohnya, ada julukan yang berasal dari level badge yang diperoleh pelapak.

Berikut daftar Pengelompokan level badge pelapak yang berdasarkan jumlah respons positif dari transaksi penjualan.

1. BL user: 1-10

2. Pedagang: 11-100

3. Pedagang Besar: 101-500

4. Calon Juragan: 501-1.000

5. Juragan: 1001-5.000

6. Good Seller: 5.001-10.000

7. Recommended Seller: 10.001-50.000

8. Trusted Seller: 50.001-100.000

9. Top Seller: Di atas 100.000

Selanjutnya, para pelapak di Bukalapak dipanggil Om dan Tante. Ada juga Srikandi Bukalapak, yaitu perkumpulan pelapak wanita yang berbisnis di Bukalapak.

Di setiap daerah biasanya ada komunitas Bukalapak agar para Om dan Tante bisa bergabung untuk bekerja sama dan bertukar informasi, para komunitas itu dipimpin oleh para Ranger.

Jumlah Ranger di tiap komunitas bervariasi, tergantung besar angka pelapak di daerah tersebut.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Bukalapak Aktif di Pesantren

Sebelumnya, Bukalapak pun konsisten aktif mendatangi berbagai pesantren untuk mengadakan seminar bagi para santri dan membangun jalinan silaturahmi dengan tokoh-tokoh pesantren.

Salah satu yang dikunjungi tim Bukalapak adalah Pesantren Tebuireng di Jombang. Dalam kunjungannya, Bukalapak mengajak 200 santri dan masyarakat sekitar pesantren untuk turut aktif memanfaatkan teknologi dalam perluasan usaha dagang mereka melalui online marketplace.

KH. Salahuddin Wahid selaku pengasuh Pesantren Tebuireng juga turut menjadi pembicara dalam acara ini dan menyambut positif atas inisiatif yang dilakukan Bukalapak.

"Kami sangat senang menyambut kerjasama ini dengan Bukalapak," ungkap K.H. Salahuddin Wahid yang dikenal luas dengan nama Gus Sholah.

"Dengan adanya pelatihan seperti ini dapat memperluas wawasan kewirausahaan kami. Kami menanamkan semangat kepada para santri untuk berjualan dengan jujur, berkah, dan bermanfaat bagi masyarakat luas," jelasnya.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bukalapak Tebar Ilmu Ngelapak ke Komunitas di 20 Kota
Artikel Selanjutnya
Bukalapak Klaim Fitur Iklan Bikin Jualan Pelapak Makin Laris