Sukses

Ajang Pencarian Startup Unicorn Asli Indonesia Digelar di Bali Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mendorong perkembangan startup di Indonesia masih terus berlanjut. Hal itu diperlihatkan dengan menghadirkan program Next Indonesian Unicorn atau disingkat Nexticorn tahun lalu.

Sebagai tindak lanjut dari program tersebut, rencananya akan diadakan The Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) International Summit 2018 di Nusa Dua Bali Convention Centre pada 9-10 Mei 2018.

Sama seperti gagasan awal pembentukan Nexticorn, dalam ajang tersebut para startup akan dipertemukan dengan para investor global dan nasional untuk memperoleh pendanaan. Nantinya, ada 70 startup dan 60 venture capital (VC) yang berpartisipasi dalam acara ini.

"Kami ingin memperkenalkan pada para investor bahwa Indonesia merupakan digital paradise. Maksudnya, tak hanya memiliki wilayah yang indah, Indonesia juga memiliki iklim investasi yang mendukung," tutur Chief Coordinator of Nexticorn Promotion Roadshow Calendar Donald Wihardja, saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Adapun beberapa VC yang dipastikan akan ikut serta dalam ajang ini adalah Sequia Capital, Softbank, Appworks, hingga Kejora.

Sementara startup yang ikut serta beberapa terdiri dari beberapa beragam bisnis mulai dari financial technology (fintech) hingga kesehatan.

"Agenda kali Bali ini adalah membantu para startup bertemu dengan para investor. Kami juga sudah siapkan materi berupa kompilasi booklet untuk membantu para investor mengetahui informasi para startup terlebih dulu," tutur Lead Coordinator of Nexticorn Roadshow Calendar Ridzki Syahputera.

Dalam ajang ini, sejumlah pelaku startup unicorn Indonesia juga akan datang, seperti dari Tokopedia, Go-Jek, Traveloka, dan Bukalapak.

Beberapa badan terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) juga akan berpartisipasi dalam menjelaskan regulasi di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Permudah Startup Galang Dana

Sekadar informasi, Nexticorn merupakan program yang dirancang untuk mempermudah startup menggalang dana, terutama di level series B.

Salah satunya dengan menghadiri ajang yang menghadirkan investor di Indonesia maupun Asia.

"Program ini diharapkan dapat mempermudah startup menggalang dana dengan nilai US$ 5 juta ke atas. Untuk itu, kami akan menghadirkan Nexticorn di ajang ternama yang mempertemukan para startup dengan investor," ujar Donald Wihardja yang juga Wakil Ketua II Amvesindo saat peluncuran Nexticorn akhir tahun lalu.

Sekadar informasi, Amvesindo merupakan asosiasi yang menempatkan dananya ke startup di Indonesia.

Selain mempertemukan para startup dengan investor, program ini juga mengumpulkan data seputar startup, mulai dari pitch deck hingga informasi kontak.

"Nantinya, data tersebut dapat diakses investor dengan mudah secara online atau sebagai compendium yang dapat dicetak. Kami harap program ini dapat mempersembahkan unicorn Indonesia baru di masa depan," tuturnya.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Berbasis Blockchain, Vexanium Tawarkan Transparansi Loyalty Program
Artikel Selanjutnya
Belajar dari Alibaba, AwanTunai Berambisi Dongkrak Ekonomi Digital