Sukses

Rilis Tahun Ini, iPhone SE 2 Tak Bakal Usung Headphone Jack?

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Apple untuk menghapus keberadaan headphone jack di iPhone tampaknya tak akan berubah dalam waktu dekat. Alasannya, perusahaan masih akan mempertahankan desain tersebut di seri iPhone terbaru. 

Berdasarkan laporan blog asal Jepang, Macotakara, kali ini model iPhone yang tak akan memiliki headphone jack adalah iPhone SE 2.

Dikutip dari CNET, Senin (23/4/2018), smartphone itu masih memiliki desain serupa pendahulunya, minus headphone jack 3,5mm.

Sekadar informasi, Apple sendiri resmi menghapus keberadaan headphone jack sejak iPhone 7. Setelah itu, perusahaan tak lagi menyertakan headphone jack hingga saat ini.

Kabar lain yang sempat terdengar terkait iPhone SE 2 adalah lokasi produksi yang berbeda dari model sebelumnya. Berdasarkan laporan India Today, iPhone SE 2 akan menjadi perangkat pertama Apple yang diproduksi di India.

Smartphone ini akan diproduksi di bawah naungan produsen elektronik Wistron yang berbasis di Bengaluru, India. Sebelumnya, iPhone SE juga disebut akan diproduksi di India, tapi terganjal dengan kebijakan pemerintah setempat.

Mengingat kabar ini masih belum dapat dipastikan, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Apple mengenai iPhone SE 2. Kabarnya, smartphone ini akan diperkenalkan di ajang tahunan Apple, yakni WWDC 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Analis soal iPhone SE 2

Soal spesifikasi, analis KGI Securities Ming-Chi Kuo sebelumnya menyebut bahwa iPhone SE 2 akan tetap memakai layar 4 inci, mengusung prosesor A10 milik iPhone 7, serta dipadu dengan RAM 2GB.

Tak akan ada perubahan berarti soal desain, di mana Apple digadang-gadang hanya akan menambahkan kemampuan pengecasan nirkabel.

Kuo memprediksi, iPhone SE 2 akan dibekali prosesor yang lebih cepat dan harga perangkat yang lebih terjangkau.

Sekadar informasi, iPhone SE yang dirilis dua tahun lalu memiliki desain mirip iPhone 5s. Misalnya saja punya layar 4 inci, dibekali chipset A9 seperti milik iPhone 6s, RAM 2GB, kamera utama 12MP, dan headphone jack 3,5mm, serta Touch ID.

Apple belum menghadirkan penerus bagi iPhone SE sejak dirilis Maret 2016. Kendati begitu, perusahaan Amerika Serikat itu menambahkan kapasitas penyimpanannya menjadi 64GB dan 128GB setahun setelahnya.

3 dari 3 halaman

WWDC 2018

WWDC 2018 sendiri akan digelar mulai 4 hingga 8 Juni di McEnery Convention Center, California, Amerika Serikat. Perusahaan sudah membuka pendaftaran bagi pengembang yang tertarik mengikuti gelaran tersebut.

Kendati demikian, tak semua pendaftar dapat mengikuti gelaran ini. Apple dilaporkan akan mengacak pendaftar yang dapat menghadiri acara tersebut.

Pendaftar yang terpilih nantinya diharuskan membayar US$ 1.599 atau sekitar Rp 21 juta. Pendaftaran untuk pengembang ini akan dibuka mulai 22 Maret 2018 pukul 10 pagi waktu Amerika Serikat.

Namun, sebagai catatan, peserta yang ingin melakukan registrasi untuk WWDC 2018 diharuskan sudah menjadi anggota Apple Developer Program atau Apple Developer Enterprise Program.

Pengumuman resmi ini sekaligus memastikan rumor yang berkembang sebelumnya. Menurut sumber anonim, ajang tahun ini memang akan diadakan awal Juni 2018.

Sayangnya, tak ada informasi mengenai agenda apa saja yang akan diumumkan pada WWDC 2018. Namun, menilik dari ajang sebelumnya, Apple diprediksi akan memperkenalkan perangkat anyar.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.