Sukses

5 Smartphone Mahal yang Sekarang Turun Harga

Liputan6.com, Jakarta - Zaman sekarang, harga smartphone terbaru selalu dua sampai empat kali lipat lebih mahal dari rata-rata gaji orang Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) rata-rata gaji di Indonesia berada di angka Rp 4 juta per bulan pada 2017.

Sekarang, smartphone mahal didominasi oleh Samsung dan Apple, Samsung S9 Plus mematok harga Rp 12 jutaan, dan harga iPhone X sekitar Rp 19 juta.

Smartphone seperti itu masuk kategori flagship, yaitu produk dengan kualitas paling mutakhir dari sebuah perusahaan.

Apakah kamu rela menghabiskan gajimu untuk membeli smartphone flagship? Atau kamu menunggu harganya turun? Sebab ada kasus-kasus smartphone mahal dan keren, tapi harganya sudah turun drastis.

Bila kamu tertarik untuk membelinya, berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Xiaomi Mi5

Xiaomi Mi5 merupakan hp flagship dari Xiaomi yang dirilis tahun 2016 dan walaupun sudah ketinggalan sekitar hampir 2 tahun, nyatanya smartphone ini masih layak untuk dibeli.

Smartphone ini dibekali dengan chipset berkualitas dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 820 yang telah terbukti performanya untuk melibas segala aktivitas termasuk bermain gim berat.

Ditambah lagi desain yang dimiliki sangat keren untuk dibawa kemana-mana. RAM-nya sendiri sebesar 4 GB.

Smartphone ini memiliki harga Rp 4-5 jutaan saat rilisnya tahun 2016 dan sudah turun dengan harga termurah di bawah Rp 3 jutaan yang dapat kamu cari di beberapa retailer toko online dengan garansi distributor karena produk ini tidak masuk resmi ke Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. iPhone 5S

iPhone 5S merupakan smartphone flagship dari merek ternama Apple yang diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2014.

Jika dilihat dari spesifikasi, iPhone 5S ini memanglah sudah sangat ketinggalan zaman, namun berkat dari eksklusifitas software dari Apple, spek yang terkesan ketinggalan ternyata masih kuat karena nyatanya lagging akan sulit kamu jumpai di iPhone 5S.

Smartphone ini memilki harga rilis dari Rp 10-13 jutaan dan sekarang sudah terjun bebas ke angka 2 jutaan saja.

Jadi bagi kamu yang tidak peduli pada spek dan ingin tampil keren dengan membawa smartphone berlogo apel yang digigit, maka iPhone 5S ini sangat layak untuk kamu beli.

4 dari 6 halaman

3. Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4 dirilis tahun 2014 dan memiliki fitur-fitur keren yang susah dicari untuk smartphone di kisaran harga yang sama sekarang ini.

Smartphone ini memiliki banyak fitur keren seperti S-Pen yang tentu sudah menjadi unggulan untuk seri Note Samsung, kamera 16mp dengan sensor CMOS, dan juga sensor detak jantung yang sangat sulit dijumpai.

Awalnya, Galaxy Note 4 dirilis dengan harga Rp 9,5 juta dan sudah anjlok ke angka Rp 4-5 jutaan, namun untuk versi di Indonesia belum dilengkapi dengan konektivitas 4G. 

 

5 dari 6 halaman

4. HTC One M8

HTC One M8 merupakan smartphone buatan produsen ternama asal Taiwan, yaitu HTC yang dibuat untuk menandingi Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z2 pada saat itu.

Fitur unggulan dari hp ini adalah kameranya memiliki resolusi gambar yang mencapai 4 ultra piksel yang membuat gambar semakin tajam dan bagi kamu yang suka menonton film dan mendengarkan lagu, HTC One M8 ini telah dilengkapi dengan stereo speaker.

HTC One M8 ini dirlis dengan harga Rp 8,5 juta dan sekarang kamu bisa mendapatkan hp ini dengan harga termurah di Rp 2 jutaan.

6 dari 6 halaman

5. Sony Xperia Z5

Sony Xperia Z5 merupakan smartphone flagship yang dirilis tahun 2015 dengan fitur-fitur keren yang dibawanya seperti tahan air dan debu.

Selain itu, kamera Sony Xperia X5 memiliki fitur autofokus yang ada di kamera Alpha dari Sony, dimana dapat mengambil fokus dengan kecepatan sampai 0,003 detik.

Sony Xperia X5 ini sudah memiliki dapur pacu Qualcomm Snapdraagon 810, dan awalnya dirilis dengan harga 10 jutaan, tapi sekarang dapat kamu pinang sekarang dengan harga Rp 4 jutaan.

Itulah daftar smartphone beken yang harganya turun. Tertarik untuk membeli?

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com. 

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.