Sukses

Mozilla Pamer Browser Firefox untuk Headset AR dan VR

Liputan6.com, Jakarta - Mozilla mengumumkan sebuah browser web khusus bernama Firefox Reality. Browser web ini didesain khusus untuk pengalaman Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).

Dikutip dari Softpedia, Sabtu (7/4/2018), Firefox Reality menyuguhkan para pengguna komputer dengan akses tak terbatas kepada teknologi berkembang dan baru, termasuk AR dan VR, di Windows, Max dan platform Linux. Mozilla sudah merilis demo Firefox Reality yang menggunakan headset HTC Vive Focus.

Mozilla menggambarkan browser tersebut untuk mixed reality (MR). MR atau kadang disebut sebagai realitas hybrid, merupakan penggabungan dunia nyata dan virtual untuk menghasilkan lingkungan dan visualisasi baru, yang berisi benda fisik dan digital "hidup berdampingan" dan berinteraksi secara real time.

"Kami percaya masa depan web akan sangat terkait dengan AR dan VR, dan masa depan itu akan hidup melalui browser. Itu sebabnya kami membuat Firefox Reality, sebuah jenis browser web baru yang didesain untuk bekerja di headset AR dan VR atau MR secara mandiri," jelas Mozilla dalam keterangannya.

Firefox Reality dapat bekerja dengan banyak perangkat dari berbagai manufaktur. Untuk saat ini, Mozilla sudah menguji browser itu dengan perangkat HTC Vive Focus, Gear VR dan Google Dream. Namun, akan lebih banyak perangkat AR dan VR yang dapat menggunakan layanan tersebut.

1 dari 2 halaman

Kualitas Akan Ditingkatkan

MR memang masih baru, tapi Mozilla berjanji akan memberikan peningkatan kualitas browser Firefox Reality. Perusahaan akan berusaha keras memberikan perlindungan privasi yang terbaik bagi para pengguna Firefox Reality.

Selain itu, Mozilla juga akan membuat seluruh pengalaman VR dan AR secepat mungkin. Firefox Reality diharapkan dapat menjadi browser kelas dunia untuk headset MR.

"Kami memiliki pengalaman puluhan tahun dengan kompatibilitas web dan kami merilis Firefox Quantum pada tahun lalu, yaitu sebuah browser yang cepat. Semu pengetahuan, teknologi dan pengalaman itu akan membantu kami menciptakan browser kelas dunia terbaik untuk headset mixed reality," tulis Mozilla.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mozilla dkk Akan Tarik Iklan dari Facebook