Sukses

Inikah Spesifikasi Smartphone Gaming Xiaomi?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai Xiaomi yang berencana mengembangkan smartphone gaming telah diketahui sejak awal tahun ini. Bahkan, informasi seputar perangkat tersebut  sudah sempat bocor di laman AnTuTu Benchmark beberapa waktu lalu.

Terbaru, smartphone muncul di situs pengukuran benchmark lain, GeekBench. Dikutip dari GSM Arena, Kamis (22/3/2018), smartphone ini tampil dengan nama model Blackshark SKR-A0.

Berdasarkan informasi dari situs tersebut, smartphone dipersenjatai chipset Snapdragon 845 dan dipadukan dengan RAM 8GB. Untuk sistem operasi, Blackshark SKR-A0 menjalankan Android 8.0 Oreo.

Salah seorang sumber anonim juga menyebut Xiaomi memakai sistem pendingin sekelas pesawat terbang di perangkat ini.

Dengan cara itu, performa perangkat ini tetap terjaga termasuk ketika CPU dan GPU berada dalam keadaan overheat.

Sementara untuk hasil pengukuran, smartphone mencatat skor 2.452 untuk single core, sedangkan untuk multi core smartphone ini mencatatkan skor 8.452.

Sekadar informasi, nama Black Shark sendiri muncul dari perusahaan yang digandeng Xiaomi untuk menggarap perangkat ini. Perusahaan bernama Black Shark Tech Inc. ini sebenarnya tak langsung terjun ke bisnis smartphone.

Perusahaan itu memiliki spesialisasi di bidang solusi OCR dan kamera mobile, sehingga ada kemungkinan smartphone Xiaomi ini akan didukung dengan Digital Signal Processing (DPS) kelas tinggi seperti rumor yang beredar.

1 dari 3 halaman

Diuji, Smartphone Gaming Xiaomi Taklukkan Galaxy S9?

Sebelumnya, perangkat ini juga sempat muncul situs pengukuran perangkat, AnTuTu Benchmark. Dikutip dari Phone Arena, hasil pengukuran perangkat dengan kode Blackshark ini mencapai 270.680.

Hasil pengukuran ini melampaui catatan pengukuran dari Razer Phone, smartphone gaming besutan Razer. Tak tanggung-tanggung, selisih antara perangkat Xiaomi ini dengan Razer Phone mencapai 100 ribu.

Bahkan, hasil pengukuran tersebut menjadi nilai tertinggi dari AnTuTu Benchmark saat ini. Nilai ini disebut-sebut berhasil mengalahkan pengukuran Galaxy S9 dengan selisih beberapa ribu poin.

Sekadar informasi, smartphone ini memang dibekali dengan spsesifikasi yang terbilang sangat mumpuni. Blackshark didukung chipset Snapdragon 845, RAM 8GB, dan memori internal 32GB.

Dari sisi desain, smartphone juga mengusung gaya bezeless dengan rasio aspek 18:9. Menurut kabar, perangkat ini sudah menjalankan Android 8.0 Oreo.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Xiaomi

Selain Xiaomi, perusahaan teknologi lainnya yang juga bakal ikutan meluncurkan smartphone khusus gim adalah Asus.

Kabarnya, perusahaan asal Taiwan ini bakal meluncurkan smartphone gaming di bawah "bendera" merek gaming perusahaan, yaitu ROG.

Walau spesifikasinya masih belum terungkap, beberapa menyebutkan smartphone ini akan menggunakan prosesor Snapdragon 845.

Selain menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm, besar kemungkinan Asus akan menghadirkan smartphone dengan bezel tipis, kapasitas RAM tinggi, dan tentunya memori internal yang lebih lega, kriteria yang memang dicari oleh gamer.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Mulai Gulirkan MIUI 9.5 untuk 30 Model Smartphone
Artikel Selanjutnya
Muncul di Billboard, Oppo Konfirmasi Peluncuran F7 di Indonesia