Sukses

Ngeri, Hacker Jual Apple ID Rp 200 Ribuan di Dark Web

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru mengungkap Apple ID sangat bernilai di dark web. Bagaimana tidak, dari studi tersebut diketahui bahwa Apple ID merupakan akun non-finansial yang dijual hacker dengan harga paling tinggi di dark web.

Perusahaan yang menawarkan layanan VPN, Top10VPN, mengungkapkan studinya di mana satu akun Apple ID dijual senilai US$ 15,39 atau sekitar Rp 212 ribuan di dark web.

Mengutip laman Softpedia, Jumat (9/3/2018), akun Apple ID dijual dengan harga cukup mahal meskipun tidak ada kaitannya dengan layanan finansial.

Sementara itu akun PayPal dijual seharga US$ 274 (setara Rp 3,7 jutaan) per akun. Akun Western Union bisa dibeli seharga US$ 101 (setara Rp 1,3 jutaan).

Lain lagi dengan kartu Debit dan rata-rata dijual US$ 67,5 (sekitar Rp 930 ribuan) dan kartu kredit dijual sekitar US$ 50 (sekitar Rp 680 ribuan).

Akun Microsoft yang dipakai untuk Skype dijual kurang dari US$ 10 (kurang dari Rp 130 ribuan). Meski begitu, hacker menggunakan akun Microsoft untuk menyebarkan malware, link atau laman yang terinfeksi virus hingga link phishing.

1 dari 3 halaman

Serangan Phishing

Kebanyakan akun yang diual di dark web merupakan hasil dari serangan phishing. Apple ID pun menjadi salah satu akun yang paling banyak jadi target serangan phishing.

Salah satu kasusnya adalah The Fappening Scandal, yang melibatkan foto dan video bugil selebritas terkemuka dunia dan disebarkan secara online.

Kejadian tersebut bermula setelah hacker membobol akun iCloud milik sejumlah selebritas dan mencuri Apple ID mereka untuk mengakses foto yang tersimpan di cloud.

Secara default, iPhone dikonfigurasi untuk mengunggah foto hasil kamera ke iCloud untuk tujuan backup. Dengan mendapat akses ke akun Apple ID, peretas memiliki hak untuk melihat atau mengunduh foto-foto dan file yang ada di dalamnya.

Jika tak ingin menjadi korban serangan phishing, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan tidak sembarangan memasukkan data kredensial akun-akun kamu di situs web tanpa memeriksa apakah itu merupakan laman web atau bukan. Pihak Apple sendiri tak bakal meminta sandi Anda.

2 dari 3 halaman

Selebritas Jadi Sasaran Phishing

Sebelumnya, ada juga aksi hacker pencuri foto bugil artis dari layanan Apple iCloud, salah satu korbannya adalah artis cantik Jennifer Lawrence.

Menurut yang diwartakan laman News.com.au, terdapat 55 foto bugil baru milik Lawrence yang tersebar di laman sub-Reddit --kategori forum khusus di jejaring sosial Reddit -- The Fappening 3.

Selain foto-foto syur milik Lawrence, terdapat pula foto bugil sejumlah artis papan atas Hollywood lainnya, beberapa yang telah teridentifikasi adalah supermodel Cara Delevingne dan Anna Kendrick.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Karyawan Pabrik iPhone yang Palsukan Jam Kerja Naik Empat Kali Lipat
Artikel Selanjutnya
Penjualan iPhone 5s Seharga Rp 600 Ribuan Batal karena Pengantre Rusuh