Sukses

Update MIUI Bakal Hadirkan Pemindai Wajah pada Mi 6 dan Mi MIX 2

Pembaruan MIUI terbaru dilaporkan bakal menghadirkan fitur keamanan pemindai wajah pada smartphone Xiaomi Mi 6 dan Mi MIX 2.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah merilis pembaruan custom ROM MIUI untuk minggu ke 367. Menariknya, dalam update tersebut terdapat penambahan fitur keamanan facial unlock untuk dua perangkat Xiaomi.

Menurut laporan yang Tekno Liputan6.com kutip dari Gizmochina, Senin (5/3/2018), kedua perangkat yang akan mendapatkan fitur pemindai wajah adalah Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi MIX 2.

Laporan serupa sebelumnya datang dari perangkat Redmi Note 5 Pro yang pembaruannya disebut-sebut bakal menghadirkan fitur keamanan face unlock.

Seperti pada Redmi Note 5 Pro, face unlock yang disebut-sebut akan hadir pada Mi 6 dan Mi MIX 2 ini menggunakan kamera depan untuk mengidentifikasi wajah.

Kendati begitu, dibandingkan dengan iris scanner ataupun pengenalan 3D depth of field recognition, tingkat keamanan face unlock bisa dibilang berada di bawahnya.

Artinya, orang-orang yang punya wajah mirip, seperti anak kembar, bakal bisa membuka kunci keamanan dengan metode pengenalan wajah.

Agar fitur keamanan ini bisa hadir pada Mi 6 maupun Mi MIX 2, para pengguna perlu memperbarui software mereka melalui OTA.

Saat pembaruan software selesai, fitur face unlock ini bisa ditemukan di bagian "Setting" kemudian "Lock screen, password, dan fingerprint" kemudian tinggal menambahkan "Add face data" untuk menambahkan kunci pengenalan wajah.

Dengan penambahan metode keamanan biometrik ini, pengguna Mi 6 dan Mi MIX 2 akan memiliki opsi lain dalam mengamankan perangkatnya, yakni melalui pemindai sidik jari, pola, password, PIN, dan pengenalan wajah. Dengan begitu orang lain tak bisa sembarangan membobol masuk ke perangkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerus Mi MIX 2

Xiaomi memastikan diri telah mempersiapkan penerus dari Mi MIX 2. Informasi ini diketahui dari unggahan Product Management Director Xiaomi, Donovan Sung, melalui akun Twitter-nya.

Dikutip dari The Verge, melalui unggahan tersebut, Donovan menyebut smartphone yang diberi nama Mi MIX 2S ini akan dipersenjatai prosesor paling mumpuni, yakni Snapdragon 845.

"Mi MIX 2S akan menggunakan prosesor flagship generasi selanjutnya Snapdragon 845. Meluncur pada 27 Maret," tulisnya di akun @donovansung. Bersama dengan kicauan itu, ia juga mengunggah gambar yang berisi angka 273.741.

Sejumlah pihak menyebut nomor tersebut merupakan hasil skor pengukuran Xiaomi Mi MIX 2S AnTuTu Benchmark. Jika angka tersebut benar, hasil pengukuran tersebut harus diakui terbilang tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Bezel Kian Tipis

Berdasarkan gambar, Mi MIX 2s digadang-gadang bakal diperkuat dengan prosesor Snapdragon 845. Tertulis juga, perangkat tersebut memiliki layar bezeless seluas 5,99 inci. Jika dibandingkan dengan Mi MIX 2, bezel Mi MIX 2s juga lebih tipis.

Perangkat besutan perusahaan Tiongkok ini juga dibekali RAM 8GB dan ruang penyimpanan 256GB. Selain RAM 8GB, Mi MIX 2s kemungkinan akan hadir dalam varian RAM 6GB.

Kemungkinan hal paling menarik dari perangkat ini bukanlah RAM-nya yang lega, tetapi render tersebut mengungkap versi layar penuh generasi ketiga dari Xiaomi.

Pada bagian depan, tampak rasio layar ke bodi yang lebih besar dibandingkan pada Mi MIX 2. Perangkat ini tampak hadir dengan konsep layar edge-to-edge yang berbeda.

Masih ada bezel tipis di samping kanan dan kiri smartphone, namun bezel atas dan bawahnya jauh lebih tipis dibandingkan para pendahulunya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.