Sukses

Akun Instagram Ustaz Abdul Somad Diblokir, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Akun Instagram resmi milik Ustaz Abdul Somad, @Ustazabdulsomad, diblokir pada Sabtu (24/2/2018) malam hari. Informasi ini Tekno Liputan6.com ketahui dari posting Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Minggu (25/2/2018).

"Kepada @instagram, apa alasannya kamu memblokir akun @Ustazabdulsomad? Saya pikir kontennya selalu positif. Banyak kok orang-orang, termasuk saya, belajar hal positif soal Islam di akun ini. Jadi tolong, tim @instagram kembali membuka akun ini. Salam," tulis Ridwan Kamil dalam tulisan bahasa Inggris.

Saat kami mencoba mengunjungi akun Instagram Ustaz Abdul Somad, laman di desktop hanya menampilkan tulisan akun yang dimaksud sudah tak lagi tersedia. Dengan demikian, akun Instagram Ustaz Abdul Somad memang benar-benar di-suspend.

Penutupan akun Instagram Ustaz Abdul Somad pun sontak memicu beragam reaksi warganet. Berikut beberapa pendapat warganet yang kami rangkum.

"Terimakasih kang @ridwankamil atas usahanya buat kembaliin akunnya ustadz Abdul somad, krn masih banyak yg menunggu dakwahnya beliau, semoga yg ngereport diberi hidayah, tks ya kang sukses buat akang," tulis @yatisuryati.rne.

"Mungkin banyak yg report :"(," sambut @hafidzmawla99.

"@instagram please reopen @ustadzabdulsomad Because it's useful account, thanks," ujar @standing.girl.

Sampai detik ini, pihak Instagram belum buka suara terkait penutupan akun Ustaz Abdul Somad.

1 dari 3 halaman

Dakwah Interaktif

Untuk informasi, Ustaz Abdul Somad adalah penceramah asal Riau yang aktif menyebarkan dakwahnya melalui Facebook dan Youtube dengan metode dakwah yang interaktif.

Pada akhir 2017, organisasi masyarakat (ormas) di Bali yang tergabung dalam Komponen Rakyat Bali (KRB) sempat menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad yang hendak berceramah di Bali. Puluhan massa ormas tersebut membeludak di depan Hotel Aston Denpasar tempat ustaz kondang itu menginap.

Setelah melalui negosiasi yang alot, Ustaz Abdul Somad akhirnya diizinkan menggelar safari dakwah di Bali. Itu setelah Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Hadi Purnomo datang memfasilitasi kedua belah pihak.

Menurut Hadi, apa yang terjadi hanyalah kebuntuan komunikasi dari kedua belah pihak. Hingga akhirnya terjadi satu kesepakatan bersama, Ustaz Abdul Somad diperkenankan memberikan safari dakwah.

"Itu miss komunikasi saja. Tapi setelah kita mediasi, kita fasilitasi, apa yang menjadi kebutuhan komunikasi sudah ketemu. Sudah clear," kata Kapolresta di Hotel Aston Denpasar, Jumat, 8 Desember 2017.

2 dari 3 halaman

Nyanyi Lagu Indonesia Raya

Ustaz Abdul Somad akhirnya keluar hotel menemui massa demonstran ‎didampingi Kapolresta.

Seketika Ustaz Abdul Somad langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya. Usai itu, ia memekikkan NKRI Harga Mati sesuai permintaan massa demonstran.

Massa yang puas akhirnya membubarkan diri.‎ Menurut Hadi, massa terprovokasi informasi yang berkembang di media sosial mengenai sepak terjang Ustaz Abdul Somad. "Tadi ustaz juga berjanji akan memberi ceramah yang menyejukkan mengenai keberagaman dan perbedaan," ujarnya.

Hadi menilai massa termakan hoaks lantaran menyebut Ustaz Abdul Somad‎ tak pro kepada NKRI. "Tadi buktinya beliau ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saya yakin beliau NKRI seratus persen," katanya.

Ia meminta kepada semua pihak untuk tetap tenang menyikapi persoalan ini. "Ini isunya menjurus SARA. Semua harus menyikapinya dengan bijak. Sudah clear semua, Ustaz Abdul Somad dipersilakan safari dakwah di Bali," pungkas Hadi.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ikuti Jejak Instagram, Snapchat Gandeng Giphy Hadirkan Stiker GIF
Artikel Selanjutnya
Umbar Teror di Instagram, Gadis 13 Tahun Diciduk Aparat