Sukses

Marak Penipuan, Ini 5 Cara Ampuh Melindungi Saldo Go-Pay Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Seiring popularitasnya, layanan Go-Jek dimanfaatkan oleh sejumlah orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Para penipu biasanya mengincar saldo Go-Pay para pelanggan Go-Jek.

Penipu tersebut memanfaatkan sistem login (masuk) akun Go-Jek, yang selama ini dinilai tidak memiliki tingkat keamanan kuat.

Hanya berbekal nomor ponsel korban, sistem Go-Jek akan secara otomatis mengirimkan password login ke nomor telepon bersangkutan.

Jika pelaku penipuan berhasil mengetahui nomor kode tersebut, maka ia bisa dengan mudah menguasai akun korban menggunakan ponsel lain.

Ketika penipu mendapatkan akses ke akun Go-Jek korban, mereka biasanya mengambil saldo Go-Pay yang ada di dalamnya.

Nah, untuk terhindar dari kasus penipuan semacam itu, ada lima cara agar saldo Go-Pay kalian tetap aman. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari situs web Go-Jek, Jumat (23/2/2018):

1. Jangan pernah membagikan kode verifikasi

Go-Jek akan mengirimkan kode OTP (One Time Password), verifikasi atau password melalui SMS jika kalian:

- Mencoba login ke aplikasi Go-Jek atau baru membuat akun

- Mengatur ulang atau mengganti PIN akun Go-Pay karena lupa PIN

Kode tersebut bersifat rahasia, sekali pakai dan hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, jangan pernah membagikan kodenya kepada siapa pun. Pihak Go-Jek tidak akan pernah meminta kode tersebut.

1 dari 3 halaman

2. Pasang PIN untuk Go-Pay

Sama seperti smartphone ataupun akun bank, Go-Pay juga memerlukan PIN agar selalu terlindungi. Para pengguna juga sebaiknya tidak membagikan kode PIN kepada siapa pun.

Berikut langkah memasang PIN Go-Pay:

- Buka aplikasi Go-Jek

- Kemudian klik menu Go-Pay di sebelah kiri atas halaman depan aplikasi

- Kalian akan masuk ke halaman Go-Pay. Klik simbol berbentuk "roda gigi" yang ada di sebelah kanan atas halaman tersebut

- Setelah itu, kalian akan masuk ke halaman pengaturan Go-Pay. Klik menu "Set PIN" atau "Pasang PIN" di halaman tersebut

- Kalian akan diarahkan untuk langsung membuat PIN

Selamat! PIN pun sudah berhasil dibuat. Go-Jek mengklaim pengguna bisa tenang karena saldo Go-Pay sudah aman dengan PIN.

3. Daftarkan email utama

Mendaftarkan email yang sering digunakan merupakan hal yang penting untuk menjaga keamanan akun. Go-Jek memiliki dua alasan penting untuk mendaftarkan email utama, yaitu agar Customer Service dapat segera menghubungi jika ada masalah pada akun kalian.

Alasan kedua, agar kalian selalu mendapatkan pembaruan rutin mengenai peringatan keamanan.

2 dari 3 halaman

4. Hati-hati pada informasi palsu

Kalian sebaiknya waspada jika ada telepon dari nomor tak dikenal. Go-Jek mengimbau para pengguna untuk selalu waspada jika menerima telepon, email ataupun SMS, yang mengatasnamakan perusahaan atau Go-Pay.

Modus yang paling sering digunakan adalah penipu menjanjikan hadiah kepada pengguna, kemudian dilanjutkan dengan meminta informasi pribadi terutama kode OTP, verifikasi, password dan kode PIN.

Perlu diingat, Go-Jek hanya akan berkomunikasi dengan pengguna melalui:

- Akun resmi media sosial "Go-Jek Indonesia"

- Situs web resmi www.go-jek.com

- Nomor telepon Customer Service 021-5025 1110

- Email resmi Go-Jek, customerservice@go-jek.com

5. Selalu simpan nomor telepon Go-Jek

Go-Jek mengklaim layanan konsumennya bisa dihubungi setiap hari selama 24 jam pada nomor 021-5025 1110 atau email customerservice@go-jek.com. Untuk keamanan keamanan, sebaiknya pengguna menyimpan nomor telepon dan email tersebut.

Ketika kalian mendapatkan informasi yang mengatasnamakan Go-Jek, periksa kebenarannya hanya ke nomor telepon dan email tersebut.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Malam Penghargaan untuk UMKM Kuliner, Siapa Juaranya?
Artikel Selanjutnya
Blue Bird Tegaskan Sahamnya Tak Dibeli Go-Jek