Sukses

Dianggap Ganggu, Facebook Hapus Pertanyaan 'Tidur Sama Siapa'

Liputan6.com, Menlo Park - Salah satu fitur baru yang kerap digunakan di Facebook saat ini adalah fitur "Did You Know". Dengan fitur tersebut, pengguna akan bermain mini game dengan sejumlah daftar pertanyaan random. Mereka pun bisa menjawabnya sesuka hati.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan juga seputar kehidupan sehari-hari, seperti "Saya paling suka makan...", "Saya paling benci saat...", "Saya paling suka diberi hadiah seperti...", atau juga "Jika saya diberikan kekuatan untuk teleportasi atau membaca pikiran orang, saya lebih baik memilih...".

Jawabannya bebas dan bisa ditulis oleh si pengguna dalam kolom berlatar warna-warni.

Namun baru-baru ini, sejumlah pengguna mengeluhkan fitur Did You Know mengeluarkan pertanyaan yang dianggap menganggu.

Pertanyaan yang dimaksud menanyakan pengguna biasanya tidur dengan siapa. Menurut pengguna, jenis pertanyaan semacam ini sudah masuk ke ranah pribadi kehidupan mereka dan tidak sepantasnya ditanyakan oleh Facebook.

Karena menerima banyak keluhan, Facebook pun memutuskan untuk menghapus jenis pertanyaan "Saya biasanya tidur dengan siapa...".

Menurut keterangan yang dilansir Business Insider, Sabtu (27/1/2018), juru bicara Facebook Daniel Harrison berkata pertanyaan tersebut seharusnya termasuk ke dalam jenis pertanyaan yang bisa dijawab siapa saja.

"Pertanyan ini family-friendly, kok. Tidak ada maksud untuk apa-apa. Pengguna bisa saja menjawab, mereka tidur dengan boneka teddy bear, atau mungkin dengan segelas air hangat dan beberapa barang lainnya. Namun kami memutuskan untuk menghapus pertanyaan ini setelah komunitas pengguna kami memberikan feedback kalau pertanyaan tersebut terlalu bersifat personal," kata Harrison.

Namun, pengguna Facebook yang sensitif tampaknya merasa tersinggung dengan pertanyaan tersebut. Mereka menilai pertanyaan menjurus ke arah topik seksual.

 

1 dari 3 halaman

Menjurus ke Seksual

Peneliti dari parlemen Inggris, Reshima Sharma, mengungkap kesannya saat disuguhkan pertanyaan ini. Menurut dia, pertanyaan tersebut kemungkinan besar memang bermaksud untuk menanyakan teman tidur--menjurus ke arah seksual.

"Facebook aku tahu kamu memang suka terlalu banyak berbagi, tapi (pertanyaan) ini kesannya seperti terlalu ingin tahu," kicau Sharma.

2 dari 3 halaman

Did You Know

Untuk diketahui, fitur Did You Know baru saja dirilis Facebook sejak Desember 2017. Fitur ini dibuat dengan tujuan untuk merangkul pengguna lebih "membuka" diri mereka dengan menjawab beberapa pertanyaan trivia.

Facebook sendiri dilaporkan mengalami penurunan sharing status dan updates pengguna soal kehidupan mereka.

Sebagai solusinya, fitur Did You Know diharapkan bisa kembali mengangkat hype pengguna berbagi aktivitas mereka, tetapi dengan menjawab sederet pertanyaan yang random.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Bahwa Media Sosial Telah Mengendalikan Pikiran Anda
Artikel Selanjutnya
3 Cara Jitu Hindari Haters di Media Sosial