Sukses

Waspada Penipuan Aplikasi My Telkomsel, Begini Cara Pengaduannya

Liputan6.com, Jakarta - Era digital selain memudahkan pengguna ternyata juga jadi ladang kejahatan siber. Terbaru, percobaan penipuan dialamatkan kepada pengguna aplikasi My Telkomsel.

Sekadar diketahui, aplikasi My Telkomsel merupakan aplikasi milik operator seluler Telkomsel yang memungkinkan pelanggannya untuk mengisi pulsa, bayar tagihan, aktivasi paket, hingga tukar poin Telkomsel.

Berdasarkan laporan seorang pembaca yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (15/1/2018), ia hampir menjadi korban penipuan oleh oknum yang mengaku dari pihak Telkomsel.

Modusnya, pelanggan Telkomsel mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku dari pihak Telkomsel, padahal sebenarnya itu adalah si penipu. Oknum tersebut meminta kepada pelanggan untuk menyebutkan empat digit kode verifikasi yang telah dikirimkan Telkomsel kepada pelanggan untuk mengakses aplikasi Telkomsel.

Berdasarkan percobaan yang Tekno Liputan6.com lakukan, memang setiap hendak masuk ke aplikasi My Telkomsel, pelanggan diminta memasukkan nomor telepon mereka.

Kemudian, pihak Telkomsel akan mengirimkan SMS berisi empat digit kode verifikasi yang menjadi kunci bahwa benar pemilik nomor telepon sah yang meminta akses masuk aplikasi My Telkomsel.

Begitu kode verifikasi tersebut dimasukkan ke aplikasi My Telkomsel, pelanggan pun bisa masuk ke aplikasi.

Merujuk kasus yang dialami pembaca, kemungkinan besar, si penipu mencoba memasukkan nomor telepon pengguna entah secara random maupun terencana ke aplikasi My Telkomsel. Oleh karena itu, pelanggan otomatis akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi untuk masuk ke aplikasi My Telkomsel.

Jika kode verifikasi ini diberikan kepada pihak lain, orang tersebut akan mendapatkan akses ke aplikasi My Telkomsel korban dan pulsa pun bisa terkuras habis.

2 dari 3 halaman

Peringatan Telkomsel

Untuk menghindari penipuan semacam ini, sebenarnya dalam SMS berisi kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Telkomsel (TSEL-APPS), pihak Telkomsel sudah memperingatkan pengguna untuk tidak memberikan kode verifikasi kepada siapapun.

Dengan demikian, jika ada penipu yang menelepon dan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi yang dimaksud, mereka bisa langsung mengabaikannya.

Berikut adalah bunyi pesan singkat dari Telkomsel:

"Ini password RAHASIA Anda untuk login aplikasi. Telkomsel tidak pernah meminta password ini dan jangan berikan kepada siapapun. Waspada penipuan! Password: ****," demikian bunyi pesan singkat dari Telkomsel.

3 dari 3 halaman

Cara Pengaduan

Ketika dikonfirmasi mengenai penipuan terhadap pengguna aplikasi My Telkomsel, Head of Media Relation at Telkomsel Aldin Hasyim, mengatakan, Telkomsel memang memiliki wadah untuk pelanggan yang ingin melaporkan pengaduan. 

Dia pun menjelaskan format untuk pengaduan penipuan aplikasi My Telkomsel atau layanan Telkomsel lainnya. 

Caranya pelanggan bisa mengirimkan SMS pengaduan ke nomor 1616 yang bebas biaya alias gratis. Adapun pengaduan dilakukan dengan format "PENIPUAN#NO.MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN"

Selain itu, pelanggan juga bisa menghubungi email cs@telkomsel.co.id atau mention melalui facebook.com/telkomsel dan mention melalui akun Twitter @telkomsel. 

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ngeri, Pertarungan Hebat Dua Komodo di Pulau Rinca

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kepala Desa Garut Jebak Komplotan Wartawan Gadungan
Artikel Selanjutnya
Calon Suami Tiba-Tiba Menghilang, Ternyata Dia Perempuan