Sukses

Penjualan iPhone X Diprediksi Merosot Awal 2018

Liputan6.com, Jakarta - Ekspektasi tinggi Apple terhadap penjualan iPhone X tampaknya tidak akan berjalan mulus. Pasalnya menurut sebuah laporan baru, penjualan iPhone X pada awal tahun depan justru akan mengalami penurunan dibandingkan tahun ini.

Dilansir Softpedia, Kamis (28/12/2017), sejumlah sumber dari kalangan industri layanan pengujian dan semiconductor, mengatakan penjualan iPhone X tidak sebesar yang diperkirakan.

Itu artinya, ekspektasi pengapalan 35 juta unit iPhone X pada kuartal IV 2017 tidak akan diikuti dengan hasil yang begitu baik pada awal tahun depan. Sumber memperkirakan penjualan iPhone X justru akan flat atau menurun pada kuartal I 2018.

Selain itu, penjualannya juga di bawah ekspektasi di Taiwan, Singapura, bahkan Amerika Serikat (AS) yang notabene adalah markas besar Apple berada. Penjualan iPhone X di berbagai negara lain juga masih terkendala keterbatasan suplai unit.

iPhone X merupakan smartphone flagship terbaru Apple yang diumumkan bersamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus. Harga jual iPhone X dimulai dari US$ 999, menjadikannya sebagai smartphone termahal yang pernah dijual Apple dalam 10 tahun terakhir.

Kendati telah diumumkan dan dijual ke sejumlah negara, Apple sampai saat ini dilaporkan masih keteteran untuk memenuhi permintaan konsumen. Sejak sebelum dan setelah diumumkan, Apple dilaporkan menghadapi kendala dalam memproduksi iPhone X disebabkan berbagai hal termasuk kerumitan proses produksi sejumlah komponen hingga keterbatasan panel OLED.

Kendati demikian, menurut sejumlah laporan, Apple sedang dalam proses menyelaraskan produksi dan permintaan, sehingga akan lebih banyak iPhone X yang bisa tersedia untuk dijual pada tahun depan.

1 dari 2 halaman

Strategi 2018

Sejumlah laporan menyebutkan Apple akan berusaha merespons penurunan pada iPhone X dengan lini smartphone baru pada 2018, yaitu dua dengan layar OLED dan satu menggunakan LCD. Perusahaan sedang melakukan berbagai persiapan termasuk menyiapkan sebuah prototype iPhone dengan dukungan fitur pre-5G.

Pihak Apple sendiri tidak pernah berkomentar mengenai berbagai produk yang sedang disiapkan, termasuk iPhone. Namun, sikap perusahaan tidak membuat berbagai rumor dan prediksi tentang jajaran produknya berhenti beredar di internet.

Sikap tegas Apple menjaga rahasia perusahaan dilakukan dalam berbagai tindakan. Bahkan Tim Cook saat masih menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Apple, pernah mengatakan tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui 'sihir' Apple dan mencurinya.

"Ini (sikap rahasia) adalah bagian dari sihir Apple. Saya tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui sihir kami karena saya tidak ingin ada yang menirunya," tutur Cook yang kini menjabat sebagai CEO Apple.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming XYZ Day 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Apple Sentil Toko Google lewat Iklan, Tetangga Kok Gitu?
Artikel Selanjutnya
Rilis Tahun Ini, iPhone SE 2 Tak Bakal Usung Headphone Jack?