Sukses

Ups, Face ID iPhone X Gagal Bedakan Dua Wanita di Tiongkok

Meski diklaim canggih dan aman, Face ID pada iPhone X ternyata tidak mampu membedakan du wajah wanita Tiongkok. Padahal mereka bukan kembar.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita asal Tiongkok ditawari refund atas iPhone X yang dibelinya. Rupanya hal ini terjadi setelah si pemilik iPhone X menemukan bahwa rekannya --yang juga wanita Tiongkok-- juga bisa membuka iPhone miliknya melalui fitur keamanan Face ID.

Padahal, selama ini Apple selalu mengklaim teknologi di Face ID merupakan yang paling canggih. Apple juga sesumbar, kemungkinan ada orang yang berhasil membobolnya adalah 1 banding 1 juta. Jika dibandingkan dengan Touch ID miliknya, Face ID jauh lebih aman.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Inquirer, Minggu (17/12/2017), baru-baru ini, wanita Tiongkok bernama Yan bercerita kepada media setempat, seorang rekannya berhasil membuka kunci iPhone X miliknya dengan Face ID.

Fitur keamanan Face ID pada iPhone X gagal membedakan dua wajah wanita Tiongkok ini (Sumber: The Inquirer)

Hal inipun tak hanya terjadi satu kali, Yan mengatakan bahwa ia telah konfigurasi ulang Face ID di perangkatnya, namun rekannya itu masih bisa membuka kunci iPhone X Yan.

Yan pun menghubungi pihak Apple untuk melaporkan kejadian ini. Namun, staf Apple berkata hal ini tidak mungkin terjadi. Yan akhirnya buru-buru mendatangi Apple Store terdekat untuk membuktikan apa yang dikatakannya benar-benar terjadi.

Berdasarkan laporan South China Morning Post, staf Apple tersebut akhirnya melihat sendiri bahwa rekan Yan memang bisa membuka iPhone X Yan melalui Face ID.

Apple Store tersebut mengatakan, kamera pada iPhone X Yan bermasalah dan bersedia untuk mengganti iPhone tersebut dengan perangkat iPhone X baru. Sayangnya, iPhone X berikutnya kembali mengalami masalah serupa.

Kepada Huffington Post, Apple mengatakan, kemungkinan kedua wanita tersebut telah menggunakan iPhone X itu saat mengatur Face ID. Menurut Apple, iPhone X itu mungkin diajarkan untuk mengenali kedua wajah tersebut, yakni wajah Yan dan rekannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Face ID Dibobol Bocah 10 Tahun

Seorang anak bermain fitur animoji iPhone X di toko Apple Union Square di San Francisco (3/11). iPhone X juga memiliki fitur terbaru Face ID yang berfungsi mendeteksi dan mengenali wajah pemilik sebagai kunci membuka perangkat. (AP Photo/Eric Risberg)

Kejadian berkaitan dengandibobolnya Face ID iPhone X bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, fitur keamanan itu berhasil dibobol oleh seorang anak laki-laki berusia 10 tahun.

Adalah Ammar Malik, anak laki-laki berumur 10 tahun yang berhasil membuka kunci iPhone X milik sang ibu. Uniknya, Ammar tidak menggunakan cara yang aneh dan sulit.

Yang Ammar lakukan hanya mengarahkan sensor Face ID yang terpasang di atas layar iPhone X ke arah dirinya, dan iPhone X pun sudah bisa diakses, demikian dilansir Wired.

"Istri dan saya selalu berkirim pesan sepanjang waktu, dan mungkin ada sesuatu yang tidak seharusnya ia (Ammar) lihat," ungkap Attaullah Malik, ayah Ammar, kepada Wired.

"Karena kejadian ini, istriku harus menghapus seluruh pesan di iPhone X bilamana ada sesuatu yang ia tidak ingin Ammar lihat," tambahnya.

Diketahui, ini bukan kali pertama Ammar mendapatkan akses ke smartphone yang bukan miliknya. Sebelumnya, ia juga pernah membuka 'paksa' ponsel milik sang ayah.

Seperti yang bisa kamu lihat di dalam video di bawah, iPhone X ternyata mengenali wajah Ammar dan bisa dibuka dengan mudah.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.