Sukses

Tips Atasi Smartphone yang Cepat Panas Saat Digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri saat ini kita sulit melepaskan diri dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Karena hal tersebut, jangan heran bila smartphone yang kamu gunakan sering atau cepat panas.

Meningkatnya suhu smartphone secara mendadak dapat disebabkan oleh berbagai hal, entah itu dari prosesor yang 'dipaksa' bekerja keras karena main gim, mencari sinyal, hingga pemakaian charger pihak ketiga yang tak jelas kualitasnya.

Jika kamu pernah mengalami hal di atas, jangan khawatir. Beberapa tips yang Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber ini dapat kamu coba untuk mengatasi smartphone dengan suhu panas.

1. Lepas Casing

Meski memiliki kemampuan melindungi smartphone dari benturan, ternyata casing berjenis flip cover mampu 'menjebak' panas yang keluar dari ponsel.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu sesekali melepas flip cover atau casing yang menutup keseluruhan bodi smartphone.

2. Hindari Isi Daya Smartphone Semalaman

Beberapa dari kamu pasti pernah atau sering kali melakukan hal yang satu ini tanpa disadari. Yup, tak hanya mempengaruhi masa pakai baterai, mengisi daya baterai smartphone semalaman ternyata bisa membuat perangkat kamu panas.

Paling ekstreme, smartphone yang diisi baterainya semalaman berpotensi untuk meledak. Dan berbagai kasus di beberapa penjuru dunia pun kerap terjadi.

 

1 dari 2 halaman

3. Tutup Aplikasi

Sekadar informasi, beberapa aplikasi--seperti gim dan media sosial--mampu menguras daya baterai dan membuat smartphone cepat panas.

Akumulasi aplikasi yang dipakai dan beroperasi di latar belakang, proses ini membutuhkan kekuatan CPU, GPU, dan RAM lebih banyak dan tentunya membuat perangkat lebih cepat panas dari biasanya.

4. Pakai Charger Original

Charger bawaan smartphone kamu rusak dan tak bisa dipakai? Seperti kebanyakan pengguna, charger pihak ketiga yang tidak jelas asal-usul dan kualitasnya dipilih sebagai salah satu solusi cepat dan murah.

Meski dibanderol dengan harga jauh lebih murah ketimbang yang asli. Nyatanya, kabel dan kepala charger versi 'murah' ini merupakan salah satu penyebab smartphone cepat panas.

Hal ini dikarenakan daya yang ada pada charger pihak ketiga berbeda dengan daya pada charger bawaan.

5. Hapus File Sampah

Segala file sampah, cache, hingga cookies yang sudah bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab smartphone cepat panas.

Untuk itu, hapus file, cache, dan cookies yang tak diperlukan atau sudah menumpuk secara rutin dengan beberapa aplikasi seperti Files Go, CCleaner, dan SD Maid.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
7 Alasan Orang Lebih Memilih iPhone Ketimbang Android
Artikel Selanjutnya
Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Smartphone Basah