Sukses

Begini Perbedaan Kesiapan Layanan Telekomunikasi Lebaran 2017

Menkominfo Rudiantara mengungkapkan kesiapan layanan telekomunikasi untuk menyambut mudik dan Lebaran 2017 memiliki sejumlah perbedaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan kesiapan layanan telekomunikasi untuk menyambut mudik dan Lebaran 2017 memiliki sejumlah perbedaan. Beberapa di antaranya terletak pada sisi jumlah mobile BTS dan kehadiran aplikasi untuk memperlancar mudik lebaran.

"Ada beberapa hal yang beda untuk mudik tahun ini, termasuk jumlah mobile BTS yang lebih banyak dan kehadiran aplikasi Ayo Mudik," tutur Rudiantara di kantor Kementerian Kominfo, Senin (19/6/2017).

Pria yang akrab disapa Chief RA ini memerkirakan ada sekira 300 mobile BTS yang disiagakan seluruh operator seluler untuk mengatasi lonjakan trafik, naik dari sekira 200 mobile BTS pada tahun lalu. Semua unit mobile BTS itu ditempatkan di area berpotensi macet.

"Dengan semakin banyak mobile BTS dan jumlah peningkatannya (pemudik jalur darat, red.) yang jauh di bawah penumpang pesawat udara, diharapkan tidak ada banyak masalah nantinya," jelasnya.

Lebih lanjut, kehadiran aplikasi Ayo Mudik hasil kolaborasi Kementerian Kominfo dan startup Kudo, juga diharapkan dapat memperlancar mudik lebaran.

Ayo Mudik pada dasarnya merupakan aplikasi berbasis peta, yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidental dari berbagai mitranya. Para pemudik juga akan mendapatkan kemudahan memperoleh berbagai informasi lain termasuk pos polisi, posko kesehatan, SPBU, dan masjid.

Secara keseluruhan, layanan telekomunikasi untuk mudik lebaran pada tahun ini diharapkan berjalan baik. Terlebih, berdasarkan uji petik kualitas jaringan, seluruh operator seluler siap melayani arus mudik, Lebaran, dan arus balik 2017.

Uji petik dilakukan terhadap kualitas jaringan semua operator seluler di semua titik keberangkatan mudik yaitu Jakarta, Batam dan Balikpapan, semua jalur mudik dan arus balik yaitu kereta api jalur utara dan selatan, jalur darat Jakarta - Lampung dan Jakarta - Semarang, serta semua titik kedatangan mudik yaitu Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Bandung, Semarang dan Lampung. Hasilnya, semua berada di atas target yang diharapkan untuk melayani masyarakat dengan baik.

Tonton video menarik berikut ini:

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.