Sukses

Google Jual Divisi Robot Boston Dynamics ke Softbank

Liputan6.com, Jakarta - Google telah menemukan pembeli untuk dua divisi robotnya, Boston Dynamics dan Schaft. Raksasa teknologi itu dilaporkan menjual divisi robot itu ke Softbank.

Perusahaan konglomerasi Jepang itu disebut-sebut akan membeli Boston Dynamics, divisi robot Google yang mengembangkan robot berkaki. Boston Dynamics terkenal gara-gara sebuah video robot yang berulang kali bangkit saat dijatuhkan.

Tak hanya membeli Boston Dynamics, Softbank diketahui juga membeli Schaft, sebuah perusahaan robot Jepang yang dibeli Google pada 2014 lalu. Schaft mengembangkan robot dengan dua kaki.

Mengutip laman Business Insider, Sabtu (10/6/2017), seorang perwakilan Google telah mengonfirmasi penjualan divisi robot Google ini. Sayang, tak disebutkan berapa nilai transaksi keduanya.

Dilaporkan pula Softbank tak mengakuisisi kedua divisi robot Google dengan dana milik Softbank Vision Fund yang biasa digunakan untuk investasi di perusahaan teknologi, melainkan dengan dana milik anak perusahaan lainnya.

Sekadar informasi, Google membeli Boston Dynamics dan Schaft pada 2013 dan 2014. Waktu itu, Google pernah memiliki rencana membentuk divisi robot baru di bawah pimpinan Andy Rubin. Ia merupakan sosok yang dikenal sebagai pencipta Android, yang memutuskan undur diri dari Google pada 2014.

Setelah kepergian Rubin, karyawan Google yang bekerja di divisi robotik cemas dengan nasib divisi tersebut. Google pun memutuskan untuk menjual Boston Dynamics sejak tahun lalu.

Saat Google menyerah dengan divisi robotnya, Softbank tampaknya justru ingin mengembangkan bisnis di bidang robotika. CEO Softbank Masayoshi Son bahkan memprediksi kecerdasan buatan bakal mengungguli kecerdasan manusia dalam tiga puluh tahun ke depan.

(Tin/Why)