Sukses

Pokemon Go Paling Diburu Netizen Selama 2016

Bila pada 2015 'batu akik' menjadi kata yang paling banyak dicari, tahun ini 'Pokemon Go' menjadi kata yang paling diburu netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Meski euforia Pokemon Go tak lagi sebesar saat pertama kali dirilis, pencarian mengenai gim mobile tangkap-menangkap Pokemon tersebut rupanya hingga Desember 2016 di internet masih tinggi.

Tingginya tingkat pencarian masyarakat internet terhadap Pokemon Go tertuang dalam laporan tahunan Year in Search 2016 yang dihelat Google Indonesia di kawasan Gunawarman, Jakarta, Rabu (14/12/2016). Pada acara tersebut, Google mengungkap Pokemon Go menduduki posisi pertama tren penelusuran terpopuler.

Seperti diketahui, tren penelusuran terpopuler adalah kategori utama pencarian yang paling banyak diburu netizen di Tanah Air. Google juga merilis daftar kategori pencarian terpopuler lainnya di bidang hiburan, politik, peristiwa nasional, dan internasional.

Sejumlah kata kunci tren penelusuran terpopuler ini juga berasal dari kategori berbeda, bahkan beberapa di antaranya berasal dari tren global yang sempat happening di Indonesia.

Sebelumnya pada 2015, batu akik mendominasi tren penelusuran terpopuler pada 2015, yang diikuti oleh Go-Jek dan kue cubit. Jika kamu penasaran apa saja tren yang paling dicari netizen pada tahun ini, ada 10 kata kunci (termasuk Pokemon Go) yang menduduki daftar tren penelusuran terpopuler Google Indonesia selama 2016. 

  1. Pokemon Go
  2. Gerhana Matahari
  3. Timnas Indonesia
  4. Gempa Aceh
  5. Donald Trump
  6. Mukidi
  7. Demo 4 November
  8. Rio Haryanto
  9. Jessica Kumala Wongso
  10. Joey Alexander

Google Indonesia menjelaskan, penelusuran “Timnas Indonesia” yang bisa menduduki peringkat ketiga meningkat kala pertandingan Olimpiade Rio 2016 dan Piala AFF 2016. Fenomena serupa juga terjadi saat masyarakat Indonesia mengerahkan dukungannya untuk Rio Haryanto dan Joey Alexander.

Sementara Gerhana Matahari yang berada di posisi kedua juga mampu terangkat berkat tren pencarian netizen dengan kalimat “cara shalat gerhana” yang juga hampir sama tingginya dengan “kapan gerhana matahari” serta “cara melihat gerhana matahari”.

Fakta menarik juga datang dari penelusuran kasus Jessica Kumala Wongso, yang sering dicari netizen di Google dari ponsel mereka.

Adapun Pokemon Go merupakan gim besutan pengembang Niantic Labs yang dirilis pada Juli 2016 lalu. Bahkan, Pokemon Go berhasil meraup pendapatan sekitar US$ 206,5 juta di bulan pertama peluncurannya. Hal itu menjadi capaian luar biasa dari seluruh gim mobile yang pernah rilis secara global.

Catatan lain yang juga berhasil membuat gim ini masuk ke dalam rekor dunia adalah jumlah unduhan. Pokemon Go berhasil mencatat 130 juta unduhan sejak peluncuran pertamanya pada 6 Juli 2016.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.