Sukses

SecuTablet, Tablet Anti Mata-mata Besutan BlackBerry-Samsung

BlackBerry dan Samsung bekerja sama untuk merancang tablet anti mata-mata yang diklaim paling aman di dunia.

Liputan6.com, Jakarta BlackBerry dan Samsung bekerja sama untuk merancang tablet anti mata-mata yang diklaim paling aman di dunia. Untuk saat ini, pejabat pemerintah di Jerman dikabarkan tertarik untuk menggunakan tablet bernama SecuTablet tersebut.

Mengutip laman Android Authority, Minggu (4/9/2016), Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi menyetujui tablet ini dan meyakini akan mampu memberikan tingkat keamanan tinggi, yang mana diklasifikasikan untuk keperluan dinas.

Untuk proses pengiriman pesan yang lebih aman, tablet tersebut memanfaatkan teknologi BlackBerry Hub dan di-coding secara khusus menggunakan SecuSmart (anak perusahaan BlackBerry). Kartu SecuSmart mengenkripsi semua data yang tersimpan pada SecuTablet, dan ditransfer ke dan dari tablet.

BlackBerry dan SecuSmart juga terintegrasi dengan sistem manajemen sertifikasi. BlackBerry juga berencana akan menanamkan teknologi untuk mengamankan aktivitas bertelepon (juga dari SecuSmart) sebelum akhir tahun ini.

Sementara Samsung memboyong platform keamanan Knox yang memfasilitasi pengembangan solusi untuk keamanan mobile. Dengan Knox, pengguna bisa berganti aplikasi untuk kebutuhan personal dan bisnis di perangkat yang sama dengan aman.

"SecuTablet adalah contoh yang mengesankan," kata Sascha Lekic Director of B2B Sales, IT & Mobile Communication Samsung Electronics.

SecuTablet akan dibanderol dengan harga sekitar US$ 2.380 atau Rp 31,5 jutaan, dengan hardware yang pada dasarnya adalah Samsung Galaxy Tab S2, yang kini dijual US$ 400 atau Rp 5,2 jutaan.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini