Sukses

5 Tips Ini Wajib Dijajal Pengguna Android

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna Android agar memudahkan segala hal yang dilakukan. Misalnya saja menggunakan launcher untuk memperindah tampilan smartphone. Selain itu penggunaan notifikasi LED, gesture control, dan lain-lain.

Di antara berbagai pengaturan yang bisa dikulik di Android, beberapa hal ini mungkin perlu kamu jajal. Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Pit, Rabu (24/8/2016), berikut lima tips tersebut.

 1. Hemat Data Menggunakan Chrome

Android memiliki browser bawaan dari Google, yakni Chrome. Namun, tahukah kamu bahwa Chrome memiliki pengaturan yang dapat meminimalisasi penggunaan data?

Dengan pengaturan ini, penggunaan data bisa dikurangi hingga 30 persen sebulan. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal membuka browser Chrome kemudian masuk ke Setting dan pilih Data Saver. Jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan cara menghidupkan (pilih ON) pengaturan Data Saver.

Tak hanya itu, kamu juga bisa meminimalisasi penggunaan data dengan mengaktifkan WiFi saat tampilan ponsel off.

Dengan melakukan hal ini, kamu tak hanya bisa mengunduh sesuatu saat display ponsel sedang off, tetapi ponsel tetap terhubung dengan WiFi.

Setting hemat data di Android melalui Chrome (Sumber: Android Pit)

2 dari 3 halaman

Google Now on Tap

2. Aktifkan Google Now On Tap

Google Now On Tap diperkenalkan pertama kali pada Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini menghadirkan informasi kontekstual di layar ponsel, sehingga memungkinkan kamu untuk mencari informasi tanpa harus melakukan pencarian manual.

Sayangnya, OS Android-mu harus Marshmallow alias Android 6.0. Untuk mengaktifkan Google Now on Tap, pilih Setting kemudian pilih Google, dan pilih Search & Now. Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan (ON) atau menonaktifkannya (OFF).

Setting Google Now on Tap (Sumber: Android Pit)

3. Optimisasi Daya

Tak peduli versi Android apapun yang kamu gunakan, kamu tetap bisa mengoptimasi daya. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan 'ambient display' atau 'adaptive brightness'.

Pengaturan ini dapat mengubah brightness atau kecerahan layar ponsel berdasarkan kondisi cahaya di sekitar. Untuk meminimalisasi daya, pastikan untuk mengatur level brightness serendah mungkin.

Optimisasi daya pada Android (Sumber: Android Pit)
Tak hanya itu, beberapa UI Android terbaru telah menghadirkan mode hemat baterai (battery saving mode), yakni sesuai dengan kebutuhan.

3 dari 3 halaman

Android Device Manager

4. Atur Android Device Manager

Android Device Manager merupakan alat untuk melacak ponsel yang hilang. Dari jarak jauh, Android Device Manager bisa mengunci ponsel, membuatnya berdering, dan menghapus konten-konten di dalamnya.

Kamu dapat menemukan Android Device Manager di aplikasi Google Settting, di bawah Security. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengecek lokasi ponsel atau menghapus konten di dalamnya.

Caranya dengan pilih Setting, masuk ke Security, kemudian pilih Device Administrator lalu mengecek kotak yang ada di sebelah Android Device Manager.

Android Device Manager (Sumber: Android Pit)
5. Atur Lock Screen Security

Guna memaksimalkan keamanan pada smartphone Android kamu, ada baiknya mengaktifkan lock screen security. Pengaturan ini mungkin telah banyak digunakan, tapi tak jarang juga pengguna yang membiarkan perangkatnya tanpa pengaturan keamanan.

Padahal, jika ponsel tertinggal atau dicuri, pengaturan semacam ini bisa melindungi berbagai data pada smartphone Android kamu.

Lock Screen Saver (Sumber: Android Pit)
Ada dua pilihan untuk pengamanan lock screen security, yakni menggunakan PIN maupun pola. Untuk mengaturnya, masuk ke Setting, pilih Security, kemudian pilih Lock Screen.

Pada beberapa perangkat, kamu bisa memilih Setting, kemudian masuk ke pilihan Lock Screen guna mengatur tipe pengamanan yang kamu inginkan.

(Tin/Isk)

Loading