Sukses

Penjualan iPad dan Mac Turun, Apple Fokus Genjot Layanan Ini

Layanan tersebut tak lain adalah layanan App Store, Apple Music, iCloud serta Apple Pay.

Liputan6.com, Cupertino - iPhone 7 memang menjadi topik hangat yang kini tengah dibicarakan banyak orang. Jelas saja, smartphone teranyar Apple itu dirumorkan akan meluncur dalam waktu satu setengah bulan lagi, yakni pada 12 September 2016.

Akan tetapi, jangan lupakan iPad dan Mac. Perangkat besutan perusahaan asal Cupertino ini ternyata tidak mengalami hal sebaik produk iPhone-nya. Seperti dilansir CNET, Minggu (31/7/2016), penjualan iPad dan Mac dikabarkan kembali merosot.

Dalam laporan fiskal kuartal ketiganya, penjualan iPad memang menurun sebanyak 8,3 persen. Sementara, penjualan Mac, baik itu MacBook dan perangkat komputer Mac, juga anjlok sebanyak 10,5 persen.

 Namun secara mengejutkan, margin perusahaan tersebut tetap stabil. Diketahui, margin kotor Apple masih berkutat di angka 38 persen. Kestabilan tersebut tentu dikarenakan penjualan iPhone SE yang cukup mengesankan.

Untuk mengakali hal ini, Apple mengatakan bahwa mereka akan lebih fokus ke layanan lain yang mereka miliki. Apple sebetulnya masih mendulang pemasukan dari 'lahan' lain seperti App Store, AppleMusic, iCloud, serta ApplePay.

"Kami memang akan fokus ke layanan-layanan lain yang kami punya. Layanan kami sudah tumbuh sebanyak 19 persen dari tahun ke tahun. Pemasukan terbesar kini berasal dari App Store. Kami pun akan terus mengembangkan layanan lain dan menggenjot lebih banyak pengguna agar dapat mencetak rekor," kata Chief Financial Officer Apple, Luca Maestri.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.