Sukses

Samsung Galaxy S7 Active Tak Tahan Air?

Samsung Galaxy S7 Active yang harusnya lebih kuat dibanding S7 rupanya tak tahan air, kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S7 Active yang memiliki fitur tahan air rupanya gagal ketika diuji.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Consumer Reports seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Senin (11/7/2016), smartphone tersebut ternyata tak tahan terhadap air.

Pengujian dilakukan sesuai dengan limit sertifikat anti air IP68. Galaxy S7 Active dimasukkan ke dalam air dengan ketinggian lima kaki selama setengah jam.

Seharusnya ketika diuji dengan kondisi di atas, ponsel masih bisa berfungsi dengan baik.

Sayangnya yang terjadi justru sebaliknya. Consumer Reports menemukan bahwa layar Galaxy S7 Active tampak rusak dengan garis-garis hijau.

Pada bagian dalam lensa kamera depan maupun belakang terdapat sebuah gelembung air. Tak hanya itu saja, setelah diuji, layar sentuh pun tak berfungsi.

Untuk memastikan bahwa masalah ini tak hanya terjadi di satu smartphone, Consumer Reports juga melakukan pengujian di Galaxy S7 Active yang lain. Rupanya, kegagalan serupa pun dialami oleh smartphone lainnya.

"Layar pun mati setiap beberapa detik dan kelembaban bisa dilihat pada lensa kamera baik depan maupun belakang. Kemudian, air juga masuk ke slot kartu SIM," demikian pernyataan Consumer Reports.

Untuk diketahui model 'Active' dari seri Galaxy S7 sengaja didesain lebih kuat dibandingkan Galaxy S7 standar. Jika Galaxy S7 memiliki bodi kaca yang lebih rentan, Galaxy S7 Active dibuat dari bahan plastik yang memiliki ketahanan tinggi.

Meski begitu, bentuk fisik Galaxy S7 Active cukup identik dengan Galaxy S7, keduanya sama-sama dibekali dengan sertifikat anti air IP68.

Menanggapi temuan Consumer Reports, perusahaan asal Korea Selatan Samsung mengklaim, kemungkinan hal tersebut hanya terjadi pada beberapa unit smartphone saja. Perusahaan juga terus melakukan investigasi terkait ketahanan air Galaxy S7 Active.

Samsung sendiri diketahui sangat percaya diri mengenai fitur ketahanan air yang dimiliki Galaxy S7. Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan garansi untuk kerusakan pada smartphone seri Galaxy S7 akibat terkena air. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini