Sukses

Zenbo, Robot Asisten Pintar Besutan Asus

Liputan6.com, Jakarta - Asus bukan hanya memperkenalkan jajaran smartphone terbaru miliknya yakni ZenFone 3 di gelaran Computex tahun ini, tetapi juga menghadirkan sebuah robot asisten bernama Zenbo.

Dikutip dari laman The Verge, Rabu (1/6/2016), Chairman Asus Jonney Shih menggambarkan Zenbo sebagai robot yang memiliki banyak fungsi.

Robot tersebut dapat berperan sebagai pengatur sistem rumah pintar, penjaga keamanan, asisten rumah tangga, termasuk fotografer keluarga.

Zenbo bukannya tanpa alasan disebut sebagai robot yang memiliki banyak fungsi. Berdasarkan informasi yang diberikan, Zenbo memiliki beberapa kemampuan dasar, seperti bergerak, mendengar, melihat, dan berbicara.

Hal itu juga ditunjang dengan kemampuannya untuk terhubung dengan perangkat pintar lainnya. Robot ini juga dibekali kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan penggunanya.

Tak hanya itu, Zenbo mampu menampilkan beragam emosi dalam beberapa ekspresi wajah. Hal itu dimungkinkan sebab Zenbo memang dilengkapi dengan layar sentuh yang juga berfungsi sebagai "wajah".

Asus menuturkan pengguna dapat memakai Zenbo untuk berbelanja secara online, dan semuanya dilakukan hanya dengan perintah suara. Zenbo juga dapat memutar lagu, menari, bahkan mendongeng.

Zenbo juga mampu berperan sebagai pengawas untuk orang tua. Oleh karena itu, ketika ada kejadian darurat, Zenbo dapat langsung menghubungi orang yang didaftarkan.

Sayangnya, untuk saat ini Asus belum memberikan informasi mengenai kehadiran Zenbo di pasaran. Namun, Asus menuturkan akan membanderol Zenbo dengan harga US$599 atau sekitar Rp8,1 juta.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.