Sukses

Tips Menghemat Baterai di Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone berbasis Android sudah pasti merasa kesal, jika baterai smartphone miliknya boros. Padahal masih banyak hal yang perlu dilakukan menggunakan smartphone tersebut. Misalnya memesan layanan transportasi via aplikasi, mengecek rute, berbelanja online, atau sekadar browsing di mesin pencari.

Berikut ini Tekno Liputan6.com berikan sejumlah tips bagi pengguna smartphone Android untuk menghemat baterainya, sebagaimana dirangkum dari Android Pit, Minggu (29/5/2016).

1. Gunakan wallpaper berwarna gelap
Jika smartphone Anda memiliki layar AMOLED seperti pada perangkat Samsung, coba gunakan wallpaper berwarna gelap. Alasannya, layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Warna hitam diketahui memiliki piksel gelap sehingga dibutuhkan lebih sedikit daya untuk menerangi warna hitam.

2. Aktifkan Doze pada Android Marshmallow
Jika Anda menggunakan smartphone Android dengan sistem operasi Marshmallow, ada sebuah fitur bernama Doze yang berfungsi membantu memaksimalkan baterai.

Bersamaan dengan Google Now on Tap, Doze merupakan fitur tambahan pada Marshamallow. Ketika Doze diaktifkan, pada dasarnya perangkat Anda masuk ke mode hibernasi, jika smartphone tak dipakai dalam waktu cukup lama.

Dengan kata lain, ketika Anda tertidur smartphone Anda juga "tertidur" dan hanya akan kehilangan baterai 3-5 persen sepanjang malam.

3. Gunakan Greenify
Tak seperti aplikasi lain yang mengklaim bisa mengoptimalkan performa dan meningkatkan kinerja baterai, apa yang ditawarkan aplikasi Greenify bukan sekadar klaim belaka. Aplikasi ini memungkinkan aplikasi lain berada dalam mode hibernasi, jika tak digunakan. Hal ini mencegah adanya aktivtas aplikasi pada background.

Aplikasi greenify untuk penghematan baterai smartphone Android (Sumber: Android Pit).

2 dari 3 halaman

Auto brightness, Sleep Mode, Baterai Original

4. Jangan gunakan auto brightness
Untuk menghemat baterai, sebaiknya jangan gunakan auto brightness. Meski auto brightness berguna, tampilan layar yang diatur dengan pengaturan auto brightness biasanya lebih terang dibandingkan dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, ponsel Anda akan lebih hemat baterai jika pengaturan brightness atau tingkat kecerahan dilakukan secara manual. Untuk diketahui, hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja baterai smartphone Android Anda, sebab layar merupakan salah satu yang membuat baterai cepat boros.

5. Atur screen timeout lebih singkat
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur screen timeout (batas waktu aktif layar) menjadi lebih singkat. Misalnya, jika sebelumnya layar smartphone Android Anda akan nonaktif setelah 1 menit, ubah menjadi 30 detik.

Caranya, masuk ke menu 'Setting' kemudian pilih 'Display' dan kemudian pilih 'Screen timeout' dan pilih ke waktu yang lebih singkat, misalnya 30 atau 15 detik.

6. Smartphone tak perlu terus 'smart'
Menonaktifkan fitur smart yang ada pada smartphone Anda rupanya bisa menghemat masa pemakaian baterai. Misalnya, fitur smart seperti air gesture dan smart scrolling pada Samsung.

3 dari 3 halaman

Matikan notifikasi getar

7. Matikan notifikasi getar
Ternyata penggunaan getar pada smartphone juga dianggap sebagai salah satu hal yang membuat baterai cepat habis. Untuk langkah penghematan, matikan getar untuk panggilan masuk. Tanda getar rupanya justru lebih boros dibandingkan dengan notifikasi dering.

8. Gunakan notifikasi lock screen
Notifikasi lock screen juga bisa menghemat baterai ponsel Anda, terutama jika layar smartphone Anda berjenis AMOLED. Sebab, Anda bisa melihat notifikasi dalam sekali lihat tanpa harus menyalakan seluruh layar Anda. Notifikasi Lock screen biasanya ada pada smartphone Android yang berjalan di Lollipop.

9. Gunakan baterai original
Jika ingin baterai Anda lebih hemat, jangan pernah gunakan baterai nonoriginal, pastikan untuk selalu menggunakan baterai original.

Pastikan gunakan baterai original (Sumber: Android Pit).

10. Masuk ke mode 'Do not disturb' atau 'Sleep'
Pastikan untuk mengatur waktu 'sleep' dan menonaktifkan Wi-Fi jika tidak memerlukannya.

(Tin/Why)

Loading