Sukses

Oppo Pamer Layar Lipat Besutannya

Liputan6.com, Jakarta - Oppo disebut akan menyusul perusahaan teknologi lain yang mulai mengembangkan layar lipat untuk smartphone-nya. Kabar ini pertama kali diketahui dari laporan situs Zaeke beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman Tech Radar, Kamis (26/5/2016), perusahaan asal Tiongkok ini dengan jelas menunjukkan layar yang dapat dilipat. Berdasarkan keterangan, layar tersebut juga sudah mampu menjalankan sistem operasi Android.

Dalam gambar yang ditampilkan, jelas bahwa keseluruhan layar itu merupakan layar sentuh tanpa adanya keyboard fisik sama sekali. Selain itu, layar tersebut dikabarkan sudah mendukung fitur fast charging VOOC dari Oppo. 

Sayangnya, Oppo menuturkan layar tersebut masih tahap pengembangan dan berupa purwarupa. Untuk itu, belum dapat dipastikan kapan Oppo menghadirkan kemampuan layar lipat ke pasaran.

Oppo sendiri memang diketahui telah cukup lama mengembangkan layar lipat tersebut. Perusahaan tersebut memulai pengembangan dan riset pada 2015 lalu,dan tahun ini mulai dilakukan penyelesaian.

Selain Oppo, perusahaan lain yang juga disebut tengah mengembangkan teknologi layar lipat adalah Samsung. Bahkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan akan merilis smarthone dengan layar lipat yang diberi nama Galaxy X.

Rencananya, Galaxy X sendiri menjadi salah satu dari setidaknya lima smartphone andalan Samsung di tahun depan. Smartphone tersebut dipastikan menjadi produk pertama Samsung dengan layar yang dapat ditekuk.

Perusahaan lain, seperti LG juga pernah menampilkan layar dengan kemampuan fleksibel beberapa waktu lalu. Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016, LG bahkan menampilkan layar OLED yang dapat digulung.

(Dam/Ysl)