Sukses

Ini Smartphone Pertama yang Dilengkapi Kamera Termal

Smartphone bernama Cat S60 ini tak hanya dibekali dengan kamera termal namun juga material tahan banting.

Liputan6.com, Jakarta - Cat dikenal sebagai salah satu vendor smartphone dengan desain yang tahan banting. Hal tersebut masih disematkan pada seri smartphone terbaru besutannya.

Namun, kali ini Cat membawa salah satu fitur menarik ke Cat S60--nama seri smartphone terbaru Cat--yang belum ditemui di smartphone lain.

Seperti dikutip dari Tech Times, Sabtu (20/2/2016), Cat telah mengintegrasikan kamera thermal dari FLIR ke bodi S60. Lewat teknologi thermal imaging, Cat S60 dapat menghasilkan gambar termal secara langsung dan mengukur suhu permukaan. Hasil dari aktivitas itu dapat disimpan dalam bentuk gambar ataupun video.

Tak hanya dilengkapi kamera thermal, S60 juga didesain dengan kokoh. Smartphone ini disebut dirancang dari material tahan banting. S60 juga telah mendapat sertifikasi 810G dengan standar militer dan tahan air. Bahkan, dapat dikatakan S60 adalah smarpthone pertama yang mengusung kamera thermal. 

"Untuk keluar dari kerumunan pasar smartphone saat ini, dibutuhkan inovasi yang nyata. Oleh sebab itu, kami bangga bermitra dengan FLIR untuk menghasilkan sesuatu yang pertama di dunia," ujar Peter Stephens, CEO dari Bullitt Group, pemegang lisensi global perangkat mobile dari Cat. 

Bukan tanpa alasan Cat menyematkan kamera thermal di S60. Smartphone ini memang ditujukan untuk membantu para profesional yang bekerja di bidang-bidang teknis, seperti teknisi listrik, tukang pipa, dan pekerjaan lain.

Jadi, smartphone ini dapat membantu para pekerja tersebut mengetahui kerusakan yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, smartphone ini juga dapat digunakan kebutuhan lain. Salah satunya adalah misi penyelamatan. Sebab, berbekal kamera thermal, smartphone ini dapat dipakai untuk mendeteksi panas dari sebuah tempat.

Hanya saja, selain dukungan material tahan banting dan kamera termal, spesifikasi S60 sebenarnya tergolong biasa. Smartphone dengan layar 4,7 inci dengan Gorilla Glass ini mengggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 617 dan RAM 3GB.

Sementara untuk kamera, smartphone ini dibekali dengan kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP. Cat S60 memiliki memori internal 32GB dan dapat diperluas dengan dukungan microSD. Selain itu, smartphone yang berjalan di Android 6.0 Marshmallow ini dibekali dengan baterai 3.800 mAh.

Cat S60 sendiri rencananya mulai hadir di pasar pada akhir Mei mendatang. Namun, Cat akan lebih dulu memamerkannya di gelaran MWC tahun ini. Cat S60 sendiri akan dibanderol dengam harga US$ 599 atau sekitar Rp 8 juta.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini