Sukses

iPad Air 3 Bakal Meluncur Maret 2016?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan akan siap merilis iPhone 5se, kali ini Apple juga diisukan akan merilis seri tablet terbaru, yakni iPad Air 3. Informasi ini pertama kali diketahui dari laman 9to5Mac.

Diungkapkan, iPad Air 3 akan mengambil desain yang tak jauh berbeda dengan iPad Pro. Salah satu fitur yang akan hadir di seri ini adalah dukungan Apple Pencil dan pengeras suara tambahan.

Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (29/1/2016), Apple berencana memperkenalkan iPad Pro 3 ini pada gelaran yang akan diadakan pada Maret 2016 mendatang. Pada gelaran itu juga, Apple disebut-sebut akan memperkenalkan iPhone 5se sekaligus model Apple Watch terbaru.

Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui kepastian tanggal gelaran tersebut. Namun, jika benar Apple akan merilis iPad Pro 3, ini akan jadi kali pertama tablet 9,7 inci dari Apple mendapat pembaruan sejak 2014.

Kehadiran iPad Pro 3 juga diperkirakan merupakan cara Apple untuk kembali memperkuat pasar tablet. Sebab, penjualan tablet disebut terus mengalami penurunan tiap tahun. 

Sebagai contoh, kuartal lalu penjualan iPad berhasil mencatat penjualan 16,1 juta unit. Jumlah ini jelas lebih sedikit ketimbang yang diperoleh Apple di periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni 24,4 juta.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama Apple mengusahakan perubahan di pasar tablet. Apple pernah merilis iPad Pro untuk kembali menarik minat penggunanya.

Akan tetapi, dengan harga yang terlampau tinggi, penjualan iPad Pro belum terlalu menggembirakan. Untuk itu, iPad Air 3 diharapkan jadi salah satu cara untuk kembali menaikkan pamor tablet Apple.

(Dam/Why)